Sabtu, 17 Juni 2017

Putus Asa dan Dampaknya Bagi Kehidupan

Putus asa adalah sikap/ perilaku yang merasa bahwa dirinya telah gagal atau tidak akan mampu dalam meraih suatu harapan atau cita-cita, dan ia tidak mau berusaha untuk melanjutkan apa yang diinginkan.
Putus asa berarti habis harapan, tidak ada harapan lagi.Seseorang di katakana putus asa apabila tidak lagi mempunyai harapan tentang sesuatu yang semula hendak di capai.
Penyebap seseorang putus asa biasanya karena terjadinya kegagalan yang berulang kali dalam mencapai cita-cita atau pengharapan sesuatu. Sebenarnya penyebap seseorang putus asa bukanlah persoalan yang di hadapi semata-mata, melainkan cara mensikapi persoalan tersebut.

Dampak Negatif Putus Asa

•    Merugikan diri sendiri karena membuang waktu,  energy dan potensi  yang  dimiliki.
•    Susah untuk mencapai kemajuan karena tidakberani berbuat, khawatir menanggung kegagalan lagi
Orang putus asa berarti kehilangan gairah dan semangat untuk mencapai sesuatu yang semula di harapkan.Putus asa biasanya diikuti dengan sikap masa bodoh, tidak mau lagi berusaha.
Islam mendidik umatnya agar tidak putus asa dari rahmat allah.
Sebagaimana firman allah sebaga berikut.

وَلاَتَيْئَسُوا مِن رَّوْحِ اللهِ إِنَّهُ لاَيَيْئَسُ مِن رَّوْحِ اللهِ إِلاَّ الْقُوْمُ الْكَافِرُونَ


"Dan janganlah kamu beputus asa dari rahmat allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat allah, hanyalah orang-orang kafir" (QS. Yusuf 12:87)

Ciri-Ciri  Orang Yang Putus Asa

Putus asa dialami seseorang dapat tercermin dalam sikap, antara lain.
Bermalas-malasan setelah mengalami kegagalan dalam suatu usaha Tidak bersemangat untuk meneruskan usahanya yang gagal. Tampak murung dan tidak memiliki gairah untuk berusaha lagi. Mudah terpancing emosinya sehingga cepat marah walaupun dengan sebab yang kecil saja.Setiap muslimin dan muslimat harus menghindarkan diri dari sifat putus asa.
Cara untuk menghindarkan diri dari putus asa antara lain.
Merenungi kegagalan yang di alami orang lain sehingga dapat memperoleh perbandingan dari pengalaman pahit orang lain. Selalu yakin bahwa allah akan memberi jalan keluar atas persoalan yang di hadapi apabila diririnya dekat dengan allah SWT. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.