Sabtu, 13 Mei 2017

PANDANGAN HIDUP


Pandangan Hidup adalah pendapat atau cara pandang yang digunakan sebagai titik acuan seorang manusia mengenai pandangan hidupnya.
Pandangan hidup yang baik menurut saya adalah pandangan hidup yang tidak terlalu mengejar kehidupan dunia ( mati syahid atau menjadi muslim yang baik ) tetapi bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak dan mementingkan kehidupan setelah di dunia atau mungkin 50/50. 
Pandangan Hidup tidak boleh lepas dari Agama sebab jika tidak ada agama yang menjadi panutannya bisa menjadi buta ilmu, sedangkan agama tanpa ilmu adalah cacat
Seorang Muslim di wajibkan untuk menuntut ilmu seperti yang sudah di jelaskan dalam hadits:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ  أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ  
"Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula". (HR. Bukhari dan Muslim)
Maka dari itu ilmu dunia dan ilmu akherat harus seimbang tidak boleh berat sebelah, seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa ilmu tanpa agama adalah buta dan agama tanpa ilmu adalah cacat.

Saya sendiri pun sebenernya belum maksimal atau bahkan masih malas-malasan mencari ilmu padahal setiap muslim sudah di wajibkan untuk menuntut ilmu, Ilmu sangat penting untuk kehidupan dunia dan akhirat, untuk kehidupan banyak orang, bahkan kepada sesama makhluk hidup di dunia ini, belum ada sebuah booster atau penyemangat untuk menuntut ilmu itu.

Ilmu pada dasarnya harus di ajarkan dan dipelajari, tidak ada ilmu yang tidak berguna didunia ini, semua memiliki manfaat. seperti yang sudah di jelaskan dalam hadits:
Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiakannya, maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka. (HR Abu Dawud)

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh (HR. Muslim no. 1631)

sekian dari saya, bukan maksud saya menjadi yang paling pintar, paling suci hanya saja sebagai sesama muslim harus saling mengingatkan dalam kebaikan.

saya sendiri belum bisa mengatur diri sendiri dalam segala aspek. dalam memperoleh pandangan hidup yang saya jalani sebenernya sering mengalami pengunduran dibandingkan kemajuan maka dari itu saya harus lebih bisa memanage waktu untuk mencapai pandangan hidup yang saya jalani

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.