Sabtu, 13 Mei 2017

PANDANGAN HIDUP



Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia secara kodrati yang dimiliki manusia. Pandangan Hidupmerupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup ini sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Semua manusia pasti mempunyai suatu pandangan hidup yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tak sedikit pula orang yang mempunyai pandangan hidup yang sangat bertentangan dengan pandangan hidup orang yang lainnya, itulah yang sering memicu perdebatan diantara umat manusia dalam kehidupan sehari hari. pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri atas tiga macam.
     
      1.      Pandangan hidup yang berasal dari agama
yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya. Pandangan hidup ini merupakan pandangan hidup yang paling sempurna karena dengan kitab. Menurut saya sebagai muslim, pandangan hidup ini paling baik karena tidak akan salah untuk dunia atau akhirat, walaupun terkadang di dunia ada perbedaan pendapat karena menurutnya tidak logis,namun saya yakin apa yang ada di Al-Quran dan Hadist adalah benar. Kita tidak mungkin menentang apalagi menganggap bahwa tulisan-tulisan di dalam nya salah. Dengan begitu agama adalah pedoman hidup terbaik karena tidak hanya mengatur tentang kehidupan dunia,tapi juga akhirat. Walaupun saya juga masih menentangnya, tapi saya sadar mana yang baik dan buruk. 
      2.      Pandangan hidup yang berupa ideology
Maksudnya adalah padandangan hidup yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut. Di Indonesia terdapat macam-macam peraturan mulai dari Undang-Undang Dasar sampai Peraturan Daerah yang jika dilanggar akan mendapat sanksi. penting sebagai wujud menciptakan kedamaian maupun kesejahtera an di negara maupun daerah-daerahnya.

      3.      Pandangan hidup hasil renungan
Yakni pandangan hidup yang relative kebenarannya.  pandangan hidup hasil dari pemikiran setiap individu dan muncul dari ego masing-masing manusia,yang sering menimbulkan perbedaan pendapat terhadap orang lain


Dengan memiliki pandangan hidup yang baik,maka cita-cita akan terwujud dengan baik tetapi tidak lupa diseimbangkan dengan usaha. Cita-cita tidak hanya berupa sebuah pekerjaan. Cita-cita merupakan keinginan yang baik kedepannya. Misalnya, saya  ingin menjadi manusia yang tidak pernah mengecewakan orang tua. Memang tidak mudah menjadi manusia yang seperti itu, namun dengan kesungguhan dan usaha,kita bisa menggapainya. Namun, jika kita sudah berusaha dan berdoa dalam menggapai cita-cita tersebut namun belum terwujud kita tidak boleh menyalahkan keadaan sekitar. Kembali pada pandangan hidup, yaitu agama. Kita tidak boleh berburuk sangka terhadap Sang Pencipta, kita harus mengoreksi diri sendiri dan memperbaikinya. Saya pernah dimana berada saat merasa dekat dengan Allah dan sudah berusaha semaksimal mungkin namun cita-cita saya tidak terwujud, memang awalnya sakit namun seiring berjalannya waktu, saya ikhlas karena saya percaya Allah mempunyai rencana yang lebih baik. Karena sesungguhnya di dalam kehidupan kita selalu tidak berada diatas bahkan berada dibawah. Allah sudah mengaturnya sesuai kemampuan kita. Nah, sekarang hanya tinggal mengatur apa pandangan hidup kita untuk mewujudkan cita-cita bahkan mewujudkan kehidupan kita sehari-hari.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.