Sabtu, 05 November 2016

Fungsi Keluarga dan Golongan Masyarakat


Fungsi Keluarga

1. Andaikan salah satu anggota keluarga saya (sebut saja: A)  pernah/menjadi pengguna narkoba maka hal-hal yang harus saya dan keluarga saya lakukan sebagaimana fungsi dari keluarga adalah sebagai berikut.
a)      Fungsi biologis
      Fungsi biologis dilihat dari bagaimana keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya. Fungsi ini merupakan fungsi yang paling hakiki dalam sebuah keluarga karena harus dapat melanjutkan keturunannya dan yang diharapkan adalah keturunan yang berkualitas. Memelihara, membesarkan anak, dan merawat keluarga juga termasuk dalam fungsi ini.
b)      Fungsi pemeliharaan
      Keluarga menjadi satu tempat yang memberikan perlindungan yang nyaman bagi anggotanya. Melindungi setiap anggotanya dari tindakan-tindakan yang kurang baik. Sehingga anggota keluarga merasa nyaman dan terlindung dari hal-hal yang tidak menyenangkan.
      Kami dapat memberikan dukungan, penerimaan, dan bimbingan yang layak bagi A meskipun mungkin ia ditolak dan dikucilkan dilingkungan masyarakat, hal ini agar A tetap merasa bahwa ia tidak sendirian dan tersadar sehingga keinginannya untuk menjauh dari narkoba akan tumbuh.
c)      Fungsi ekonomi
      Fungsi ini dilakukan dengan cara mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa datang.
      Dengan adanya fungsi ekonomis ini uang yang akan diberikan pada A akan lebih diawasi penggunaannya agar tidak disalahgunakan, namun jumlahnya mungkin akan lebih disesuaikan agar tidak terlalu banyak atau sedikit, jika terlalu banyak dikhawatirkan A akan lebih mudah dalam membeli narkoba, dan jika sedikit dikhawatirkan A akan menghalalkan segala cara bahkan mencuri agar ia dapat memenuhi kebutuhannya akan narkoba.
d)     Fungsi keagamaan
      Keluarga sebagai tatanan sosial terkecil dalam masyarakat memiliki fungsi sebagai tempat memperkenalkan dan mengajarkan kepercayaan akan Tuhan. Keluarga juga berperan untuk membentuk generasi masyarakat yang agamis, beriman, dan percaya terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa.
      Dengan adanya fungsi keagamaan dalam keluarga ini saya dan keluarga saya dapat melakukan pemberian siraman rohani kepada A baik berupa pemberian ceramah akan buruknya narkoba dalam agama kami (Islam) dan juga kami akan rutin mengajaknya mengaji dan solat berjamaah agar pintu hatinya terbuka untuk meninggalkan dunia kelam narkoba.
e)      Fungsi sosial
      Keluarga sebagai basis untuk membentuk generasi yang mengerti aturan sosial. Mengenai norma-norma yang berlaku di masyarakat, aturan-aturan tak baku bagaimana cara bersosialisasi terhadap sesama manusia, bagaimana menghargai alam, dan kehidupan sosial. Diharapkan anak-anak sebagai generasi penerus dari sebuah keluarga diberikan pendidikan mengenai tingkah laku sesuai dengan fase perkembangan mereka.
      Dengan adanya fungsi sosial dalam keluarga salah satu tindakan yang dapat saya dan keluarga lakukan untuk A adalah dengan mengingatkannya kembali akan norma dan aturan dalam masyarakat mengenai dilarangnya menggunakan narkoba, dan memberitahu A akan dampak sosial yang akan didapatkannya kelak, baik berupa pengucilan dari masyarakat sampai pengusiran dari lingkungan tempat tinggal. Kami pun akan mengusahakan A untuk mendapatkan rehabilitasi yang memadai dan berkelanjutan agar ia dapat keluar dan berhenti menggunakan narkoba.

Sumber:

2. Masyarakat Sederhana dan Masyarakat Maju
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.
                        Tatanan kehidupan, norma-norma yang mereka miliki itulah yang dapat      menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat       membentuk suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri kehidupan yang           khas.
                        Menilik kenyataan di lapangan,suatu kelompok masyarakat dapat berupa    suatu suku bangsa. Bisa juga berlatar belakang suku.Dalam pertumbuhan dan            perkembangan suatu masyarakat, dapat digolongkan menjadi masyarakat    sederhana dan masyarakat maju (masyarakat modern).
a)      Masyarakat sederhana. Dalam lingkungan masyarakat sederhana (primitif) pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin, nampaknya berpangkal tolak dari kelemahan dan  kemampuan fisik antara seorang wanita dan pria dalam menghadapi tantangan alam yang buas pada saat itu. Kaum pria melakukan pekerjaan yang berat-berat seperti berburu, menangkap ikan di laut, menebang pohon, berladang dan berternak. Sedangkan kaum wanita melakuakan pekerjaann yang ringan-ringan seperti mengurus rumah tangga, menyusui dan mengasuh anak-anak ,merajut, membuat pakaian, dan bercocok tanam.
b)      Masyarakat Maju. Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelompok sosial, atau lebih dikenal dengan kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai pada umumnya masyarkat maju memiliki taraf industrial yang tinggi jadi, masayarakat itu hidup dengan lebih medern dibandingkan dengan masyarakat non industrial yang hanya beralih pada sektor pertanian dalam menghasilkan kebutuhan masyarakatnya itu sendiri.


            Dari penjelasan diatas kita dapat menganalisis kondisi masyarakat di indonesia. Menurut saya masyarakat di Indonesia masih termasuk dalam masyarakat sederhana atau non indutrial, karena saat ini masih banyak sekali pekerjaan yang hanya menerima pria padahal wanita pun mampu untuk mengerjakannya. Kebanyakan wanita di Indonesia setelah lulus dari sekolah langsung dinikahkan dan biasanya mereka tidak mencapai jenjang pendidikan yang tinggi karena besarnya pengaruh pendapat bahwa wanita pada akhirnya akan selalu berujung menjadi ibu rumah tangga tak peduli seberapa tingginya pendidikan yang ia capai. Dan masyarakat di Indonesia masih banyak yang bermatapencaharian sebagai petani.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive