Sabtu, 05 November 2016

Peranan Keluarga dan Golongan Masyarakat

HAL HAL YANG  AKAN DILAKUKAN JIKA SALAH SATU KELUARGA SAYA PENGGUNA NARKOBA
NARKOBA
Pengguna narkoba tidak akan menggenal narkoba jika tidak ada penyebabnya. Berikut adalah penyebab orang menggunakan narkoba:
Ø Penyebab orang  menggunakan Narkoba:
1. Narkoba itu sendiri
2. Individu
3. Lingkungan

Ø  Faktor-faktor yang dapat menyebabkan remaja memakai narkoba
 ~Hiperaktif dan lekas bosan.
 ~Memberontak.
 ~Kurang percaya diri.
 ~Banyak iklan minuman beralkohol dan rokok.
 ~Mudahnya memdapat Narkoba.
 ~Banyak pengangguran.
 ~Tingginya tingkat kemiskinan.
pengertian keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang tersusun atas kepala keluarga (berperan sebagai suami dan ayah) dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal bersama pada suatau tempat di bawah satu atap dalam kondisi yang saling membutuhkan / ketergantungan.
1. Fungsi biologis
Setiap manusia memiliki kebutuhan biologis, baik laki-laki maupun wanita. Untuk memenuhi kebutuhan biologis tersebut maka akan terjadi perkembangbiakan berupa keturunan.Oleh karenanya, keluarga berfungsi sebagai sarana reproduksi.
2. Fungsi pemeliharaan
Fungsi pemeliharaan keluarga untuk mencegah ketergantungan narkoba untuk  salah satu anggota keluarga sangatlah penting, yang fungsinya untuk melindungi keluarga dari ketergantungan,mencegah dari teman yang pengguna narkoba,  membimbing untuk memakan makanan  yang sehat, menghindari menggunakan narkoba lebih banyak lagi, mengajak  melakukan hal yang positif dari pada menggunakan narkoba untuk kesenangan.
3. Fungsi ekonomi
Fungsi ekonomi keluarga sangatlah penting bagi kehidupan keluarga, karena keluarga merupakan pendukung utama bagi kelangsungan hidup keluarganya. Fungsi ekonomi keluarga terdiri dari pencarian nafkah untuk keluarganya, merencanakan hal hal yang positif untuk kedepannya dan mencari kelangsungan hidup yang lebih baik.
4. Fungsi sosialisasi
Memiliki kaitan yang sangat erat dengan fungsi edukatif atau pendidikan, karena didalamnya mengandung unsur sosialisasi dan begitu juga sebaliknya. Bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, membicarakan hal hal yang lebih positif, membangun/mengikuti organisasi dalam masyarakat.
5. Fungsi keagamaan
Keluarga berfungsi religius artinya keluarga berkewajiban dalam memperkenalkan dan mengajak anaknya serta anggota keluarga lainnya untuk hidup beragama sesuai keyakinan yang dianut. Oleh karenanya, orang tua hendaknya menciptakan kehidupan keluarga yang religius. Mengikuti pengajian bergilir disetiap minggunya, mengukuti organisasi dan ceramah pada acara acara tertentu, dan mendakwahkan apa yang sudah di dapat.


MASYARAKAT
Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak.
Masyarakat Sederhana
Dalam lingkungan masyarakat sederhana pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin, nampaknya bertolak belakang dari kelemahan dan kemampuan fisik antara seorang wanita dan pria dalam menghadapi tantangan alam yang buas pada saat itu. Kaum pria melakukan pekerjaan yang berat-berat seperti berburu, menangkap ikan di laut, menebang pohon, berladang dan berternak. Sedangkan kaum wanita melakuakan pekerjaan yang ringan-ringan seperti mengurus rumah tangga, menyusui dan mengasuh anak-anak ,merajut, membuat pakaian, dan bercocok tanam.
Contoh :  Pada jaman sekarang wanita sudah bisa melakukan pekerjaan laki laki, contohnya : wanita jadi mandor, wanita jadi tukang sampah, wanita jadi tukang asongan, wanita jadi supir bis, wanita jadi tukang ojek.

Masyarakat Maju
Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelompok sosial, atau lebih dikenal dengan kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai.
Contoh : jaman sekarang masyarakat yang sudah mempunyai pekerjaan tetap seperti di kantor juga banyak memiliki pekerjaan sampingan seperti membuka lahan pekerjaan, contohnya: online shop, makanan makanan ringan, ojek online, dll.

1.    Masyarakat Industri
Jika pembagian kerja bertambah kompleks, suatu tanda bahwa kapasitas masyarakat semakin tinggi. Solidaritas didasarkan pada hubungan saling ketergantungan antara kelompok-kelompok masyarakat yang telah mengenal pengkhususan. Otonomi sejenis, juga menjadi ciri dari bagian atau kelompok-kelompok masyarakat industri. Otonomi sejenis dapat diartikan dengan kepandaian/keahlian khusus yang dimiliki seseorang secara mandiri, sampai pada batas-batas tertentu.

2.      Masyarakat non industri
Masyarakat non industri bisa di bedakan menjadi 2 golongan yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder,Secara garis besar, kelompoknasional atau organisasi kemasyarakatan non industri dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu kelompok primer (primary group) dan kelompok sekunder.
·         Kelompok primer
Dalam kelompok primer, interaksi antar anggota terjalin lebih intensif, lebih erat, lebih akrab. Kelompok primer ini disebut juga kelompok ”face to face group”, sebab para anggota kelompok sering berdialog, bertatap muka, karena itu saling mengenal lebih dekat, lebih akrab.Sifat interaksidalam kelompok-kelompok primer bercorak kekeluargaan dan lebih berdasarkan simpati. Pembagian kerja atau pembagian tugas pada kelompok, yaitu menerima serta menjalankan tugas idak secara paksa, lebih dititik beratkan pada kesadaran, tanggung jawab para anggota dan berlangsung atas dasar rasa simpati dan secara sukarela.Contoh-contohnya adalah rukun tetangga,keluarga,kelompok agama,kelompok belajar dan lain-lain.
·         Kelompok sekunder
Antaran anggota kelompok sekunder, terpaut saling hubungan tak langsung, formal, juga kurang bersifat kekeluargaan. Oleh karena itu sifat interaksi, pembagian kerja, antaranggota kelompok diatur atas dasar pertimbangan-pertimbangan rasiomnal dan objektif.  Kelompok sekunder dapat dibagi dua yaitu : kelompok resmi (formal group) dan kelompok tidak resmi (informal group). Inti perbedaan yang terjadi adalah kelompok tidak resmi tidak berststus resmi dan tidak didukung oleh Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) seperti lazim berlaku pada kelompok resmi.

Sumber:


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive