Minggu, 19 Maret 2017

Ilmu Budaya Dasar

Manusia dan kebudayaan

Unsur-unsur manusia :
terdiri atas 4 unsur yang saling terkait, yaitu :
1. Jasad
Yang dimkasud jasad disini ialah badan kasar manusia yang nampak luarnya , dapat diraba dan menempai ruang dan waktu.
2. Hayat
Yang dimaksud hayat ialah mengandung unsure hidup yang ditandai dengan gerak,
3. Ruh
Yang dimaksud dengan ruh disini adalah daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, lebih mengarah kepada kenyakinan seseorang terhadap agama yang di anut. Ada 6 agama yang diakui di Indonesia yaitu, konguchu, islam, hindu, budha, Kristen, dan katolik
4. Nafs
Nafs merupakan kesadaran tentang diri sendiri atau keakuan.

Manusia sebagai kepribadian mengandung 3 unsur , yaitu
1. Id
Id merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak,
2. Ego
Ego merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari ide,
3. Superego
Struktur kepribadian yang paling akhir muncul kira-kira pada usia 5 tahun yang terbantuk dari lingkungan ektstenal

Hakekat Manusia
1. Mahluk ciptaan Tuhan yg terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
2. Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan mahluk lainnya.
a) Akal / rasio
Manusia mampu menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
b) Kehendak
Adanya nilai baik dan buruk, mengharuskan manusia mampu  mempertimbangkan, menilai dan berkehendak menciptakan kebenaran, keindahan, kebaikan atau sebaliknya
c) Perasaan inderawi
Perasaan yang dapat dirasakan dengan panca indra. Rangsangan jasmani melalui panca indra, tingkatnya rendah dan terdapat pada manusia atau binatang (Panca indra meliputi: mata, telinga, hidung, lidah,
d) Perasaan rohani
perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia, terdiri atas :

  • Perasaan intelektual (kecerdasan), Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial. perasaan yang berkenaan dengan pengetahuan. Misalnya, seorang merasa puas jika ia mendapatkan informasi tentang sesuatu, dan merasa tidak puas jika ia tidak mendapatkan informasi tersebut.
  • Perasaan estetis, berkehendak menciptakan keindahan. dengan adanya perasaan, manusia mampu menciptakan kesenian. perasaan yang berkenaan dengan keindahan. Seseorang aka merasa senang jika ia melihat sesuatu yang indah, tetapi jika idak mendapatkannya maka akan muncul perasaan kesal di dalam dirinya.
  • Perasaan etis (berhubungan dengan norma dan etika), yaitu perasaan yang berkenaan dengan kebaikan. Seorang akan merasa bangga dan senang jika terdapat sesuatu yang dinilainya baik, dan akan merasa benci terhadap sesuatu yang bersifat kejahatan.
  • Perasaan diri, Perasaan ini merupakan perasaan yang menyertai harga diri seseorang. Perasaan ini dapat positif, yaitu kalau orang mendapatkan penghargaan terhadap dirinya. Perasaan ini dapat meningkat kepada perasaan harga diri lebih. Tetapi perasaan ini juga dapat bersifat negatif, yaitu bila orang mendapatkan kekecewaan. Ini dapat menimbulkan rasa harga diri kurang.
  • Perasaan sosial (berhubungan dengan lingkungan/interaksi, yakni perasaan yang berkenaan dengan kelompok, atau di dalam kehidupan bermasyarakat. Perasaan ini timbul dalam hubungan dengan orang lain. Kalau orang mengikuti keadaan orang lain, adanya perasaan yang menyertainya. Perasaan dapat bermacam-macam coraknya, misalnya benci atau antipasti, senang atau simpati, dan empati. Perbedaan empati dan simpati adalah pemukaan didalam. Empati(peduli) adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk ikut merasakan kondisi emosional (perasaan) yang dimiliki orang lain. Contohnya apabila ada seorang sahabat sedang mencurahkan isi hatinya sambil menangis, maka kita ikut merasakan emosionalnya denga mengeluarkan air mata juga. Sedangkan simpati (memahami, mengerti, hanya perasaan tahu  posisi/persaaan orang lain) 
  • Perasaan religius/agama, yaitu Perasaan ini berkaitan dengan keyakinan kita terhadap kekuasaan Tuhan. Salah satu kelebihan manusia sebagai makhluk Tuhan adalah dianugerahkannya kemapuan mengenal Tuhannya. Ketika kita memiliki keyakinan, ketaqwaan kita akan merasa tentram nyaman, tenang.

Pengertian Kebudayaan 


  1. Selo Sumarjan & Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.
  2. Menurut E.B Tylor kebudayaan adalah kompleks yg mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yg didapatkan oleh manusia sbg anggota masyarakat.

Unsur-unsur Kebudayaan (C.Kluckhohn) 
1. Sistem Religi
Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zat yang lebih dan Maha Kuasa. Contoh unsur kebudayaan di Indonesia adalah Ada 6 agama yang diakui di Indonesia yaitu: kongu chu, islam, hindu, budha, katolik, Kristen) sebab masing-masing agama membawa kebudayaan masing-masing

2. Sistem organisasi kemasyarakatan
Sistem yang muncul karena kesadaran manusia bahwa meskipun diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna namun tetap memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing antar individu sehingga timbul rasa utuk berorganisasi dan bersatu. Contohnya: RT, RW, Lurah, walikota, bupati, gubernur, presiden.

3. Sistem pengetahuan
Sistem yang terlahir karena setiap manusia memiliki akal dan pikiran yang berbeda sehingga memunculkan dan mendapatkan sesuatu yang berbeda pula, sehingga perlu disampaikan agar yang lain juga mengerti. Contoh: system pembelajaran/pendidikan di Indonesia adalah TK 2 tahun (max), wajib belajar 9 tahun (SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun.

4. Sistem mata pencaharian hidup & ekonomi
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang – barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengam makhluk hidup yang lain. Contohnya: perbedaan mata pencaharian hidup & ekonomi Indonesia dengan negara luar, pendapatannya berbeda tetapi sistemnya sama. Yang dapat membedakannya ialah sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

5. Bahasa
Sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia. Bahkan sudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris

6. Kesenian
Setelah memenuhi kebutuhan fisik manusia juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka. sehingga lahirlah kesenian yang dapat memuaskan. Kesenian tari, melukis, musik.

7. Sistem teknologi & peralatan
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang – barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain.

Wujud Kebudayaan

  1. Kompleks gagasan, konsep, dan ide/pikiran manusia
  2. Kompleks aktivitas, contohnya: kesenian(seni tari, music, lukis, dll)
  3. Wujud sebagai benda, hasil. Contohnya (patung, vas bunga, lukisan, lagu dll)

Perubahan Kebudayaan

  1. Sebab yg berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri. Contohnya adalah jumlah penduduk, dan aktivitas yang dilakukan oleh penduduk yang merupakan sebab dari masyarakat dan kebudayaan itu sendiri. 
  2. Sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. itu merupakan sebab eksternal(dari alamnya dan tempat mereka hidup. Contohnya sirklus perubahan kebudayaan bali dengan Klaten. Perubahan Kebudyaan bali lebih cepat berkembang pesat sebab banyak turis mancanegara, karena bali merupakan jalur berlalu lalang orang asing untuk berlibur. Karena bali  terkenal akan wisatanya.

Manusia dan Cinta kasih

Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan kepada.
Unsur-unsur cinta

  1. Intimacy (keintiman)
    Menekankan pada kedekatan perasaan antara dua orang dan kekuatan yang mengikat mereka untuk bersama. Sebuah hubungan akan mencapai keintiman emosional manakala kedua pihak saling mengerti, terbuka, dan saling mendukung, dan bisa berbicara apapun tanpa merasa takut ditolak. Mereka mampu untuk saling memaafkan dan menerima, khususnya ketika mereka tidak sependapat atau berbuat kesalahan.
  2. Passion (kemesraan)
    Memfokuskan pada intensnya perasaan dan keterbangkitan yang muncul dari daya tarik fisik dan daya tarik seksual. Mereka yang mengalami jenis cinta ini mengalami ketertarikan fisik yang nyata, selalu memikirkan yang dicintai sepanjang waktu, melakukan kontak mata yang intens bila bertemu, mengalami perasaan indah terlambung ke awan, mengagumi dan terpesona dengan pasangan, detak jantung meningkat bila berjumpa, mengalami perasaan sejahtera, ingin selalu bersama yang dicintai, memiliki energi besar untuk melakukan sesuatu demi pasangan, merasa memiliki kesamaan dalam banyak hal, dan merasa sangat berbahagia.
  3. Commitment (keterikatan)
    Diartikan sebagai keputusan untuk tetap bersama seorang pasangan dalam hidupnya. Komitmen berarti pula mencurahkan perhatian, melakukan sesuatu yang menjaga suatu hubungan tetap langgeng, dan melindungi hubungan itu dari bahaya, dan memperbaikinya bila hubungan itu dalam keadaan kritis.

Cinta Menurut Ajaran Agama

  1. Cinta Diri
    diartikan bahwa cinta diri sendiri adalah mengurus dirinya sendiri, sehingga kebutuhan jamsmani dan rohaninya terpenuhi seimbang  ini bernilai positif. Dengan demikian cinta terhadap dirinya tidak harus dihilangkan tetapi harus berimbang dengan cinta kepada orang lain untuk berbuat baik. Dasarnya adalah introspeksi diri. Aktualisasi diri untuk memperbaiki untuk lebih baik supaya kita dapat mengeluarkan kemampuan kita (puncak/atas).
  2. Cinta kepada sesama manusia
    merupakan watak manusia itu sendiri dan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatannya kepada sesama manusia. Contojnya cinta kepada sahabat, orang tua, dll.
  3. Cinta seksual
    dimana seseorang mulai tetarik kepada lawan jenis laki-laki dan perempuan. Dorongan seksual melakukan suatu fungsi penting yaitu melahirkan keturunan demi kelangsungan jenis/generasi.
  4. Cinta kebapakan
    Mengingat bahwa antar ayah dan anak-anaknya tidak  terjalin oleh ikatan-ikatan fisiologis seperti yang menghubungkan si ibu dan anaknya. Dorongan ini nampak jelas dalam cinta bapak kepada anak-anaknya , karena mereka sumber kesenangan,  kegembiraan baginya , kekuatan, kebanggan ,dan merupakan faktor penting bagi kelangsungan peran bapak dan kehidupan dan tetap terkenangnya setelah dia meninggal dunia.
  5. Cinta kepada Allah
    Merupakan puncak cinta manusia, yang paling jernih, spiritual dan yang dapat memberikan tingkat perasaan kasih sayang yang luhur, khususnya perasaan simpatik dan sosial. Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupan dan menundukkan semua bentuk cinta yang lain.
  6. Cinta kepada Rasul
    Ini merupakan ideal yang sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya.

Kasih Sayang

Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.kasih sayang merupakan dasar dari komunikasi keluarga.
kasih sayang orangtua dan anak:

  • Aktif – pasif
  • Pasif – aktif
  • Pasif – pasif
  • Aktif - aktif
  1. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif.
    Dalam hal ini orangtua yang memberikan kasih sayang, perhatian, nasehat atau yang lain sebagainya. Disisi lain sang anak hanya diam saja menerima, mengiyakan tanpa memberi respon.
  2. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif.
    Dalam hal ini si anak berusaha mati matian untuk memberikan kasih sayang kepada orangtuanya tetapi orangtuanya hanya diam tanpa memberi respon. Biasanya terjadi kepada orang tua yang sibuk bekerja 
  3. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif
    Disini jelas bahwa tidak ada kontak kasih sayang antara orangtua dan anak. Masing masing person sibuk mengurus dirinya sendiri. 
  4. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif
    Yang keempat inilah merupakan dambaan setiap keluarga. Alangkah senagnya jika dalam suatu keluarga ada rasa kasih sayang , kemesraan, dan cinta kasih. Subhanallah, dapat dibayangkan betapa bahagianya kita menjalani kehidupan didunia ini.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive