Minggu, 19 Maret 2017

Tugas Rangkuman Ilmu Budaya Dasar

RANGKUMAN
Ilmu Budaya Dasar, yaitu ilmu tentang mengkaji pengaruh budaya terhadap manusia.
Manusia sendiri memiliki unsur sebagai berikut.
·         Jasad    : jasad adalah tubuh yang melambangkan eksistensi manusia dalam kehidupan
·         Hayat   : hayat adalah suatu perasaan yang dimiliki manusia
·         Ruh      : ruh adalah unsur yang diberikan Tuhan kepada manusia agar bisa hidup
·         Nafs     : nafs atau nafsu adalah suatu unsur perasaan yang cenderung pada ketertarikan terhadap lawan jenis
Manusia juga memiliki unsur yang membentuk kepribadian yaitu.
·         Id                     : id adalah unsur yang sudah dibawa sejak lahir, unsur ini yang memberi naluri untuk mengatasi suatu kebutuhan manusia. Sebagai contoh jika kita lapar maka kita akan berusaha untuk makan dan juga jika kita mengantuk maka kita akan segera tidur dan lain sebagainya.
·         Ego                 : ego adalah unsur yang berkembang karna aturan agar kita tidak semena mena melakukan yang kita mau tanpa melihat realitasnya. Sebagai contoh jika kita lapar maka kita harus makan, tapi kita tidak bisa mengambil makanan yang bukan milik kita, makan kita harus terlebih dahulu bekerja mencari uang untuk membeli makanan.
·         Super ego         : super ego bisa dibilang sebagai penyempurna dari ego itu sendiri yaitu seperti norma atau aturan yang ada disekitar. Sebagai contoh jika kita tinggal di suatu komplek perumahaan kita tidak bisa semena-mena mengadakan pesta dan membuat orang lain yang tinggal disekitaran itu menjadi merasa terganggu

Pengertian Kebudayaan.
§  Selo Sumarjan & Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa & cipta masyarakat.
§  Menurut E.B Taylor kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum adat istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Manusia & Cinta Kasih
·         Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupim (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.
·         Kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.
·         Unsur-unsur cinta sebagai berikut.
§  Intimacy ( Keintiman )              : keintiman disini bisa mencakup kepada tindakan maupun pembicaraan, hubungan yang baik adalah hubungan yang intim bukan karna tindakan semata tetapi melalu pembicaraan antara 2 belah pihak juga diperlukan, maksud dari pembicaraan yang intim adalah keterbukaan satu sama lain dalam berkomunikasi, tidak ada kebohongan maupun yang ditutup tutupi.
§  Passion ( Kemesraan )              : kemesraan juga sangat penting dalam sebuah hubungan, kemesraan harus dipertahankan satu sama lain walaupun usia hubungan sudah sangat lama, kemesraan juga berpengaruh agar tidak terjadinya orang ketiga dalam suatu hubungan.
§  Commitment ( Keterikatan )      : keterikatan atau komitmen adalah yang terpenting menurut saya dalam menjalankan sebuah hubungan, satu sama lain harus membuat komitmen sebelum menjalankan suatu hubungan agar kepercayaan dapat terbentuk terhadap satu sama lain.


·         Cinta menurut ajaran Agama
§  Cinta Diri         : cinta diri adalah bagaimana kita mencintai diri kita sendiri, terkadang orang membenci kita tanpa alasan yang jelas dan kita terlalu memikirkannya, kita tidak boleh seperti itu sebenarnya tidak ada yang salah pada diri kita yang salah itu adalah mereka. This is how we do.
§  Cinta kepada sesama manusia   : cinta yang kita berikan kepada orang orang sekitar kita yang kita kasihi.
§  Cinta seksual                            : cinta yang kita berikan terhadap pasangan kita.
§  Cinta kebapakan
§  Cinta kepada Allah
§  Cinta kepada Rasul

Kasih Sayang
·         Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
·         Kasih sayang merupakan dasar dari komunikasi keluarga
·         Kasih sayang orang tua dan anak.
§  Aktif – Pasif
§  Pasif – Aktif
§  Pasif – Pasif
§  Aktif – Aktif
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive