Sabtu, 25 Maret 2017

KEBUDAYAAN JAWA BARAT


NAMA         : WISNU SULISTYO A
KELAS        : 1 TB 03
NPM            : 27316698
MATA KULIAH    : ILMU BUDAYA DASAR 1

KEBUDAYAAN

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan.
Kali ini saya akan membahas tentang budaya saya yaitu jawa barat,kebudayaan tersebut banyak meiputi aspek mulai dari rumah adat budaya jawa barat,makanan khas jawa barat,tarian daerah tradisional khas jawa barat,pakaian adat khas jawa barat  dan yang lain-lain.

JAWA BARAT,sebuah provinsi di indonesia yang ibu kotanya adalah bandung,dimana daerah ini sangat luas dan sangat menyimpan banyak ke anekaragaman budaya yang berbeda-beda,jawa barat juga di kenal meiliki bannyak sekali area wisata,makan kuliner yang berbagai macam rasa dan pilihan,beberapa contohnya sebagai berikut

•    RUMAH ADAT
Salah satu rumah adat di jawab barat adalah keraton kesepuhan cirebon yang di depannya terdapat.pintu gerbang.kerato kesepuhan ini terdapat 4 ruangan.jeniem atau pendopo untuk para pengawal dan penjaga sultan.priggondani,tempat sultan memberi perintah terhadap adipati.prabayasa untuk menerima tamu.

•    PAKAIAN ADAT

Pakaian adat pria Jawa Barat berupa tutup kepala (destar), berjas dengan leher tertutup(jas tutup). Ia juga memakai kalung, sebilah keris yang terselip di pinggang bagian depan serta berkain batik.

Sedangkan wanitanya memakai baju kebaya, kalung, dan berkain batik. Beberapa hiasan kembang goyang menghiasi bagian atas kepalanya. Begitu pula rangkaian bunga melati yang menghiasi rambut yang disanggul. Pakaian ini berdasarkan adat Sunda.

•    TARIAN-TARIAN JAWA BARAT

a. Tari Topeng Kuncuran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.
b. Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.
c. Tari Rarasati. Dewi Rarasati sebagai selir Arjuna yang cantik dan lembut ternyata memiliki jiwa keprajuritan. Kepandaiannya dalam memanah telah menyadarkan Srikandi dari kesombongannya. Saripati gambaran tersebut kemudian diangkat dalam bentuk tari kelompok dengan sumber gerak tari tradisi Cirebon.
d. Tari Jaipong, suatu bentuk tarian pergaulan Jawa Barat yang terkenal.


•    SENJATA TRADISIONAL JAWA BARAT

Di Jawa Barat senjata tradisional yang terkenal adalah kujang. Pada mata kujang terdapat 1-5 buah lubang dan sarungnya terbuat dari kain hitam.

Senjata lainnya adalah keris kirompang, keris kidongkol, golok, bedok, panah bambu, panah kayu dan tombak.

•    SUKU : Sunda, Badui, Betawi, Banten, dan lain-lain.

•    BAHASA DAERAH : Sunda, Betawi

•    LAGU DAERAH : Sintren, Cing Cangkeling, Bubuy Bulan.


•    WISATA JAWA BARAT

TAMAN SAFARI,JAWA BARAT

Taman Safari Cisarua Bogor merupakan salah satu tempat wisata favorit di kota Bogor. Tidak seperti kebun binatang pada umumnya, dimana untuk bisa mengelilingi kebun binatang pengunjung harus berjalan kaki, di Taman Safari Bogor pengunjung dapat berkeliling melihat dari dekat koleksi satwa dengan mengendarai mobil pribadi atau naik bis yang disediakan oleh pihak pengelola. Anda juga bisa berinteraksi dan memberi makan secara langsung kepada hewan-hewan yang berjumlah sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.
Selain melihat binatang secara langsung dari dekat, Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga Anda menikmati wahana lain yang tersedia seperti water park, cobow show dan lain sebagainya. Melihat koleksi satwa lalu dilanjutkan dengan menikmati beberapa wahana yang tersedia pasti akan menjadi memberikan pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan.
Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak Bogor. Akses menuju ke Taman Safari Bogor cukuplah baik, Anda bisa pergi dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.
•    KENDARAAN PRIBADI
Jika Anda berangkat dari arah Jakarta, berjalanlah menuju dan masuk tol Jagorawi > keluar Gadog atau Ciawi menuju Cisarua Puncak Bogor > Sesampai di jalan Raya Puncak berbeloklah ke kanan masuk ke jalan Taman Safari dan ikuti jalan kurang lebih 2 km.

•    BUS
Dari arah Jakarta, naiklah bus dari Kampung Rambutan jurusan Jakarta – Bandung yang akan melewati Puncak Bogor > turun di pertigaan Taman Safari, kemudian dilanjutkan dengan naik Ojek atau Angkot, dalam 10 menit sampai ke Taman Safari Indonesia.

•    KERETA API
Dari arah Jakarta, silahkan pergi ke stasiun Bogor, kemudian naik angkot nomor 02 ke Sukasari > Dari Sukasari naik angkot lagi ke Cisarua > turun di pertigaan Taman Safari dan lanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau angkot.

Berinteraksi dengan Binatang
Melihat koleksi satwa liar yang berjumlah kurang lebih 2500 ekor dengan menggunakan mobil pribadi atau dengan menggunakan bis gratis yang disediakan oleh pihak pengelola Taman Safari Bogor pada siang hari atau menggunakan kereta api mini pada malam hari yang disebut dengan Safari Night.

Menyaksikan Pertunjukan Langsung
Menyaksikan aksi teaterikal peperangan ala Cowboy bernuansa texas dalam acara Cowboy show (wild-wild west), dolpin show (pertunjukan lumba-lumba), penerbangan burung pemangsa dan show binatang lainnya.

Bermain Berbagai Wahana

Berikut adalah beberapa daftar wahana di Taman Safari Bogor:
1). Sepeda Layang
2). Sepeda Air
3). Gajah Terbang
4). Angsa Terbang
5). Mandi Bola
6). Bom Bom Car
7). Space Shuttle
8). Crazy Plane
9). Cartoon Train    10). Speedway
11). Flume Ride
12). Foam Ball
13). Kincir Raksasa
14). Kereta Baby Zoo
15). Rumah Hantu 3D
16). Mocci Drop Tower
17). Lolly Swing

Trekking dan Outbond
Safari trek ini dilakukan dengan menyusuri hutan tropis dan sungai-sungai kecil di sekitar Taman Safari. Jarak yang ditempuh dalam melakukan trekking tersebut ada beberapa paket, mulai dari paket 3 km sampai dengan 9 km, bergantung kemampuan fisik kita masing-masing.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive