Minggu, 19 Maret 2017

Ilmu Budaya Dasar

Hasil gambar untuk indonesian culture wallpaper

 

Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar atau IBD merupakan salah satu mata kuliah dasar umum (MKDU) di semua perguruan tinggi di Indonesia. Untuk apa sih ada MKDU? MKDU bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang:
1.    Berjiwa pancasila
2.    Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3.    Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat
4.    Serta mampu berperan dalam pelestarian budaya

IBD sendiri adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ruang lingkup IBD melingkupi berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya serta hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi beraneka ragam perwujudan dalam budaya masing-masing.

 

Manusia dan Kebudayaan

Manusia terdiri dari 4 unsur yang saling terkait, yaitu jasad, hayat, ruh, dan nafs. Sedangkan kepribadian manusia memiliki 3 unsur, yaitu id, ego, dan superego.
Manusia memiliki hakekat sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya karena manusia memiliki :
1.    Akal/rasio
2.    Kehendak
3.    Perasaan inderawi
4.    Perasaan rohani
5.    Perasaan intelektual
6.    Perasaan estetis
7.    Perasaan etis
8.    Perasaan diri
9.    Perasaan sosial
10.  Perasaan religious

Menurut Selo Sumarjan dan  Soelaeman Soemardi, kebudayan dirumuskan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Sedangkan menurut E.B. Tylor, kebudayan adalah kompleks tang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat instiadat, dan kemampuan lain serta kebiadaan-kebiadaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Menurut C. Kluckhohn, kebudayaan memiliki unsur-unsur yaitu :
1.    Sistem religi
2.    Sistem pengetahuna
3.    Bahasa
4.    Sistem teknologi dan peralatan
5.    Sistem organisasi kemasyarakatan
6.    Sistem mata pencaharian hidup dan ekonomi
7.    Kesenian

Kebudayaan memiliki wujud seperti kompleks gagasan, konsep dan pikiran manusia, serta kompleks aktivitas, dan yang berwujud benda. Suatu kebudayaan dapat berubah dengan sebab yang berasal dari masyarakat dan kebudayaan itu sendiri, ataupun dengan sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup.

 

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang ataupun sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih adalah perasaan atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dan kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan suka kepada seseorang. Cinta memiliki unsur, yaitu Intimacy (keintiman), Passion (kemesraan), dan Commitment (keterikatan).
Menurut ajaran agama, cinta memiliki berbagai macam bentuk, yaitu :
1.    Cinta kepada Allah swt.
2.    Cinta kepada Rasul
3.    Cinta diri
4.    Cinta kepada sesame manusia
5.    Cinta seksual
6.    Cinta kebapakan

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive