Minggu, 19 Maret 2017

ILMU BUDAYA DASAR



Nama   : Lydia Jasmine Fauzia
Kelas   : 1TB03
NPM   : 24316154
Dosen  : Rizqi Intan Sari Nugraheni

            Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan salah satu mata kuliah dasar umum yang terdapat di semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia yang bertujuan untuk menghasilkan seorang sarjana yang berjiwa pancasila, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki wawasan budaya yang luas mengenai kehidupan masyarakat serta mampu berperan dalam pelestarian budaya.
            Ilmu Budaya Dasar merupakan ilmu yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan kebudayaan yang melingkupi berbagai aspek kehidupan dari mulai permasalahan kemanusiaan dan budaya hingga hakekat manusia yang satu (universal) dan beraneka ragam yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya.
A.    MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
            Pada hakekatnya manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya karena selain tubuh dan jiwa manusia diberkahi dengan akal pikiran, mampu berkehendak, memiliki perasaan inderawi dan rohani yang meliputi perasaan intelektual, perasaan estetis, perasaan etis, perasaan diri, perasaan sosial, dan perasaan religius.
            Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal – hal yang berkaitan dengan budi dan akal manuia.
v  Pengertian budaya menurut para ahli
a)      Selo Sumarjan & Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.
b)       Menurut E.B Tylor kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
v  Unsur – unsur kebudayaan menurut C.Kluckhohn
a)      Sistem Religi                   
b)      Sistem pengetahuanBahasa
c)      Kesenian
d)     Sistem teknologi & peralatan      
e)      Sistem organisasi kemasyarakatan
f)       Sistem mata pencaharian hidup & ekonomi
v  Wujud Kebudayaan
a)      Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
b)      Kompleks aktivitas
c)      Wujud sebagai benda
v  Perubahan Kebudayaan
a)      Sebab yg berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri
b)      Sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup

            Hubungan antara manusia dan kebudayaan dapat dilihat dari terciptanya kebudayaan atas hasil dari perilaku manusia yang kompleks, perilaku manusia yang kompleks ini dipengaruhi oleh kepribadiannya yang mengandung unsur – unsur sebagai berikut ini.
v  Id
Id dapat dikatakan sebagai insting atau sebuah strktur yang terbentuk sejak lahir yang berkaitan dengan masalah pemenuhan keinginan yang jika tidak terpenuhi maka akan menimbulkan rasa kegelisahan. Sehingga munculah berbagai usaha agar keinginan tersebut dapat terpenuhi.
v  Ego
Ego adalah bagian yang terkordinir yang realistis yang merupakan penyeimbang antara Id dengan sesuatu yang seharusnya dilakukannya agar dapat diterima masyarakat secara umum.
v  Superego
Superego adalah komponen yang terbentuk karena interaksi individu dengan dunia eksternal, jika lingkungnnya baik maka superego yang terbentuk pun akan baik.

Manusia juga terdiri dari 4 unsur yang saling terkait satu sama lain, yaitu.
v  Jasad
Jasad adalah bagian yang dapat diraba dan dilihat.
v  Hayat
Hayat adalah segala gerakan dari jasad yang tak dapat dilihat bentuknya.
v  Ruh
Ruh merupakan penghubung seseorang dengan bimbingan dari Tuhannya. Ruh bersifat spiritual dan dari ruh lah sesuatu yang bersifat konseptual seperti kebudayaan lahir.
v  Nafs
Nafs adalah suatu bentuk kesadaran yang dimiliki manusia tentang dirinya sendiri.

B.     MANUSIA DAN CINTA KASIH
1.      Cinta
            Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya adalah perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Jadi, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka terhadap seseorang yang disertai dengan rasa belas kasih.
            Cinta memiliki 3 unsur yaitu:
v  Intimacy (keintiman)
Kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara dua orang sudah tidak ada jarak lagi
v   Passion (kemesraan)
Berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat yang dilandasi oleh rasa cinta kasih.
v   Commitment (keterikatan)
Adanya perasaan untuk hanya bersama dengan orang tersayang, segala prioritas dan waktu hanya tercurahkan untuknya.

Cinta Menurut Ajaran Agama
Menurut ajaran agama, cinta dapat dikategorikan sebagai berikut.
v   Cinta Diri
v   Cinta kepada sesama manusia
v   Cinta seksual
v   Cinta kebapakan
v   Cinta kepada Allah
v   Cinta kepada Rasul

2.      Kasih Sayang
     Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan unsur keintiman, kemesraan, dan ketertarikan.
                                                      
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive