Jumat, 30 September 2016

KEPADATAN PENDUDUK DAN PRANATA SOSIAL


A. KEPADATAN PENDUDUK

kepadatan penduduk Indonesia sumber: Google.com

   Kepadatan Penduduk adalah perbandingan dari jumlah penduduk dibagi dengan luas wilayahnya. Contohnya : Setiap 1 Km2 wilayah dihuni oleh 120 penduduk, jika melebihi batas tersebut menyebabkan terjadinya ledakan penduduk. Hal ini dapat kita lihat di Indonesia yang laju pertumbuhan penduduknya meningkat pesat.
    Pertumbuhan penduduk di Indonesia pun meningkat dengan cepat,bahkan Indonesia menempati posisi ke 4 dengan penduduk terbanyak di dunia setelah China,India dan Amerika Serikat, banyak sekali faktor penyebab terjadinya kepadatan penduduk seperti pola pikir orang Indonesia yang “banyak anak banyak rezeki”, banyaknya pergaulan bebas dikalangan remaja Indonesia dan program KB (Keluarga Berencana) yang kurang efektif di Indonesia membuat pengendalian pemerintah terhadap jumlah populasi penduduk tidak terkendali.
    Jumlah penduduk Indonesia setiap tahunnya bertambah, menurut data sensus penduduk terakhir pada tahun 2010 jumlah penduduk Indonesia mencapai 237641326 jiwa. Banyak sekali dampak yang terjadi akibat terjadinya kepadatan penduduk ini seperti banyaknya pengangguran,banyaknya penduduk yang tidak mempunyai rumah dan masih banyak lagi.
Menurut saya ada banyak juga cara untuk menanggulangi kasus kepadatan penduduk ini,seperti:
1. Melakukan penyuluhan pada penduduk tentang program KB
Penyuluhan disini bermaksud memberi tahu pada penduduk apa itu KB dan apa gunanya agar penduduk yang awam soal ini mengetahui dan menerapkan program ini.
2. Pemindahan penduduk
Melakukan pemindahan penduduk dari yang padat penduduk ke wilayah yang masih sepi penduduk nampaknya juga bisa mengatasi kepadatan penduduk di Indonesia.
3. Membuat rumah susun
Pembuatan rumah susun untuk dihuni penduduk yang kurang mampu agar penduduk tidak membuat rumah atau tempat tinggal dilahan pemerintah.
4. Memperluas lapangan pekerjaan
Perluasan lapangan pekerjaan pada wilayah yang masih sepi penduduk juga sepertinya bisa mengatasi masalah ini,agar rakyat bisa mencari kerja dan tinggal diwilayah sepi penduduk dan tidak terfokuskan untuk mencari kerja dan tempat tinggal pada satu wilayah saja.


B. PRANATA SOSIAL
Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat. Pranata sosial berasal dari bahasa asing social institutions, itulah sebabnya ada beberapa ahli sosiologi yang mengartikannya sebagai lembaga kemasyarakatan, di antaranya adalah Soerjono Soekanto. Berikut contoh contoh dari pranata sosial:
1. Domestic Institutions
 Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan social dan kekerabatan,contohnya: perkawinan,sopan santun antar kerabat,tolong menolong antar kerabat,bisnis antar kerabat.
2. Economic Institutions
 Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusikan harta benda, contohnya :pertanian,perikanan,bekerja,koperasi,perdagangan.
3. Educational Institutions
 Pranata yang bertujan memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia atau, contohnya : pendidikan masyarakat dari SD,SMP,SMA dan perguruan tinggi.
4. Aesthetic & recreational Institutions
  Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi, contohnya : seni suara,seni rupa,seni lukis, seni teater, seni sastra, seni tari.
5. Religius Institutions
Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan, contohnya : berdoa,beribadah, bangunan bangunan agama seperti masjid,gereja.
6. Political institutions
  Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara, contohnya : demokrasi,hukum,pemerintahan.
7. somatic institutions
    Pranata-pranata yang mengurus kebutuhan jasmani manusia, contohnya : memelihan kebugaran tubuh, menjaga kecantikan dan kedokteran.
8. Scientific Institutions
Pranata yang betujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia, contohnya : bermacam metode metode ilmiah dan pendidikan ilmiah.





SUMBER:
http://www.pengertianpakar.com/2015/08/pengertian-kepadatan-penduduk-dampak-penyebab-dan-cara-mengatasi.html oleh Sugiharyanto
http://www.seocontoh.com/2016/01/data-jumlah-sensus-penduduk-update-2016.html oleh Syamsul
http://ilmupengetahuanumum.com/10-negara-dengan-jumlah-penduduk-populasi-terbanyak-di-dunia/ oleh Dickson
http://dhanti1001.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-dan-fungsi-pranata-sosial.html oleh Dhanti Aulia
semua pada pukul 23.23 pm
Share:

4 komentar:

  1. Hello, U write some extraordinarily attractive slot games apk blogs. I always check back here frequently to see if you have updated
    Great blog, keeping me from working. All the Best  

    BalasHapus
  2. This is a brilliant writing and very pleased to find this site. I couldn’t discover to much different information on rollex casino free credit your blog. I will surely be back again to look at some other important posts that you have in future.

    BalasHapus
  3. Top Rated Her clone dating app script dating chat app development company in India & USA

    BalasHapus

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive