Minggu, 25 September 2016

Permasalahan Sosial: Penggusuran Kawasan Bukit Duri

Masalah sosial adalah suatu masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Mengapa dikatakan sebagai masalah sosial karna berkaitan dengan masalah-masalah yang timbul dimasyarakat, sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat dari segi internal maupun ekstenal. Menurut ahli Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat. Contohnya masalah sosial yang di DKI Jakarta.

Permasalahan di Jakarta sangat banyak dan kian bertambah mulai dari kemacetan, banjir, hingga yang terbaru yaitu hunian. Meskipun begitu, Jakarta tetaplah menjadi dayatarik pendatang yang mencari rejeki untuk keluarga mereka. Akhirnya mereka yang tidak memiliki hunian di Jakarta membuat tempat hunian secara ilegal karena berada di kawasan yang tidak boleh ada bangunan. Padahal, mereka sudah menempati lokasi hunian itu puluhan tahun sehingga budaya dan solidaritasnya terbentuk dilokasi itu. Namun pemprov DKI Jakarta mengklaim itu daerah terlarang. Hingga Pemprov DKI Jakarta menormalisasi dan menggusur beberapa kawasan di yang di anggap sebagai titik kemacetan dan banjir di Jakarta.


Seperti yang terjadi di daerah Jakarta Selatan tepatnya di kawasan Bukit Duri yang akan digusur oleh Pemprov DKI Jakarta agar normalisasi sungai Ciliwung dapat berjalan dengan lancar. Penggusuran Bukit Duri akan dilaksanakan akhir bulan ini atau paling lambat awal bulan depan. Gubernur DKI Jakarta mengklaim 48 warga sudah bersedia di pindahkan kerumah susun dari sekitar 440 rumah warga di RW 09, 10, 11 dan 12 yang terancam digusur. Adapun 133 rumah warga di sebagian RW 10 telah di gusur bulan januari lalu, tetapi masih ada sebagian warga yang menolak penggusuran tersebut karena masih menunggu hasil gugatan class action yang dilayang pada 10 mei 2016 tuntas. Proyek ini bertujuan untuk mengembalikan lebar Kali Ciliwung dan mengurangi tingkat kebanjiran di daerah DKI Jakarta.

Seharusnya Pemprov DKI Jakarta hadir dan menyelesaikan gugatan warga Bukit Duri agar persidangan tidak di tunda, Sehingga masyarakat mendapat ke kejelasaan dari Pemprov yang dinilai tidak menaati aturan dan dasar hukum dalam pengusuran pemukiman warga.





Sumber:
http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160713101916-20-144441/ahok-akan-gugat-warga-bukit-duri-yang-menolak-digusur/
http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160713101916-20-144441/ahok-akan-gugat-warga-bukit-duri-yang-menolak-digusur/
http://www.pengertianpakar.com/2015/03/pengertian-masalah-sosial-menurut-pakar.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive