Sabtu, 24 September 2016

Permasalahan sosial: Sungai Ciputrahaji Pangandaran Tercemar Limbah Pabrik Tahu


Permasalahan sosial: Sungai Ciputrahaji Pangandaran Tercemar Limbah Pabrik Tahu


photo: Ilustrasi net/Ist

            Masalah-masalah sosial adalah sesuatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak di inginkan atau tidak disukai dan yang karenanya dirasakan perlunya untuk diatasi atau perbaiki (Leseli, dalam Ahmadi 2003:13).
            Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permasalahan sosial adalah keadaan yang kerap terjadi di lingkungan sekitar akibat tidak adanya kesesuaian antara pihak satu dengan pihak lainnya dan mengakibatkan konflik atau selisih paham. Permasalahan sosial dapat berupa individu dengan masyarkat, kelompok dengan massyarat, masyarakat dengan pemerintah. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan, seperti perbedaan dalam berpendapat mengenai agama, kebudayaan, adat istiadat, aturan hukum yang berlaku di lingkungan masyarakat tertentu, letak wilayah, dan lain sebagainya.

            Contoh Permasalahan sosial yang ada adalah dari pencemaran limbah pabrik yang terjadi di sungai. Hal tersebut  merupakan salah satu bentuk dari permasalahan sosial. Aliran Sungai Ciputrahaji yang mengalir di Dusun Babakan, Desa Sindangjaya, Dusun Janraga, dan Dusun Bugel tercemar oleh limbah pabrik tahu. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya perhatian pemilik pabrik terhadap lingkungan sekitar, yang mengakibatkan kerugian. Kerugian yang dialami oleh masyarakat sekitar, seperti air kolam, sawah, air sumur yang beraroma tidak sedap (bau) atau tercemar dari limbah pabrik tahu tersebut, dan masyarakat yang mengeluh gatal- gatal setelah menggunakan air sumur.
            oleh karena itu, sebaiknya pemilik pabrik tahu juga memikirkan bagaimana limbah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan, misalnya dengan desain bangunan yang mampu mengatur aliran limbah agar tidak langsung keluar menuju sungai. Hal ini  dapat dilakukan dengan salah satu metode  penyulingan, yaitu:
- Proses fisik
- Proses kimia, atau
- Proses biologi.
Metode ini dapat dijadikan sebagai alah satu alternatif pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan. Masyarakat pun tidak terkena dampak dari pencemaraan yang mengakibatkan permasalahan sosial di lingkungan masyarakat.

Sumber:
- Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
- http://www.harapanrakyat.com/2016/09/sungai-ciputrahaji-pangandaran-tercemar-limbah-pabrik-tahu/(muhafidz- Sungai Ciputrahaji Pangandaran Tercemar Limbah Pabrik Tahu)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive