Jumat, 23 September 2016

Permasalahan Sosial Pada Infrastruktur Pembangunan di Pedesaaan



"Permasalahan Sosial Pada Infrastruktur Pembangunan di Pedesaaan" 



PERMASALAHAN SOSIAL
            Masalaha sosial adalah suatu masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Mengapa dikatakan masalah sosial karena, berkaitan dengan gejala-gejala yang mengganggu ketentraman masyarakat. Dengan begitu masalah sosial menyangkut nila dalam segi moral. Untuk dapat mengklarifikasinya membutuhkan penilain sebagai pengukurannya.

PERMASALAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI
 
Pendapat dari Soerjono Soekanto, Masalah sosial meruapakan suatu ketidaksesuaian yang terjadi antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, dimana ketidaksesuain tersebut dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial masyarakat, jadi menurut saya pendapat beliau benar sekali, masalah sosial itu terjadi ketika bentrokan atau ketidaksesuain,  baik dari segi paham,budaya,moral,agama, dan nilai yang berkaitan dengan kehidupan sosial di masyarakat, karena kondisi yang tidak di inginkan tersebut dapat mengoyahkan atau mengganggu ketentraman kelompok atau masyarakat.
 Contoh permasalahan sosial di pembangunan infrastruktur desa, permasalahan yang dihadapi oleh pembangunan desa umumnya pada masalah struktural dan sosial budaya. Adapun masalah sosial yang dihadapi dalam upaya pembangunan desa yaitu,
            Masalah sosial budaya, terdiri dari rendahnya tingkat pendidikan,minimnya sarana dan prasarana di pedesaan seperti transportasi,pendidikan,terbatasnya lapangan pekerjaan dan kurangnya kesadaran dan kekurang pahaman petani terhadap adopsi inovasi pertanian.
            Masalah ekonomi, terdiri dari keterbelakangan perekonomian dan kurang ketersediaannya permodalaan untuk petani dan harga pupuk yang lebih tinggi.
Masalah geografis, prediksi terhadap iklim yang sulit serta tata letak wilayah yang kurang terjangkau oleh transportasi.
Masalah politik, pendanaan desa yang tersumbat yangmengakibatkan pembangunan infrastruktur di pedesaan tidak berjalan seperti pembuatan jalan,jembatan,serta bangunan yang seharusnya di bergunakan untuk kepentingan masyarakat di desa.


sumbar : http://dadangdjoko.blogspot.co.id/2014/05/permasalahan-yang-dihadapi-dalam.html

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive