Minggu, 25 September 2016

Permasalahan Sosial: Robohnya Jembatan Penyebrangan Orang (JPO)


Masalah sosial adalah suatu masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Mengapa dikatakan sebagai masalah sosial karena berkaitan dengan gejala-gejala yang menggangu ketentraman di dalam masyarakat. Dengan demikian masalah sosial menyangkut nilai nilai sosial yang mencakup segi moral, karena untuk dapat mengklasifikasi suatu persoalan sebagai masalah sosial harus digunakan penilaian sebagai pengukurannya.

Pengertian Masalah Sosial menurut Lesli adalah suatu kondisi yang berpengaruh terhadap kehidupan sebagai besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan dan karenanya perlu tindakan untuk mengatasi atau memperbaikinya.

Jadi dari data yang di atas, dapat diartikan bahwa Permasalahan Sosial itu adalah suatu kondisi yang tidak diingingkan ada di dalam masyarakat karena dapat mengganggu ketentraman masyarakat dan diperlukan adanya tindakan sebagai hasil dari kesepakatan bersama untuk mengatasi atau memperbaikinya.

Contoh Permasalahan Sosial yang ada yaitu Robohnya Jembatan Penyembrangan Orang (JPO) di pasar minggu. Contoh tersebut dapat termasuk dari permasalahan sosial. Pada hari
Sabtu, 24 September 2016. Jembatan penyebrangan orang roboh setelah diterpa hujan lebat, jembatan penyebrangan itu menghubungkan antara stasiun Pasar Minggu dengan Pasar Minggu, tepat nya di daerah Jakarta Selatan. Peristiwa tersebut memakan korban yaitu 3 orang meninggal dan 6 orang yang telah dievakuasi, ada pun kemacetan yang terjadi di sekitar Jalan Pasar Minggu ke arah Depok, atau sebaliknya, kendaraan-kendaraan umum lain belum dapat melintas. Robohnya Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) disebabkan oleh pemasangan papan reklame yang berlebihan, sehingga menyebabkan badan jembatan penyebrangan menjadi berat karna adanya tekanan angin.

Dapat di simpulkan. Jika papan reklame yang terlalu berat karna tidak di perhitungkan untuk tekanan angin, alangkah baiknya jika tidak di perkenankan pemasangan papan reklame yang berlebihan di jembatan penyebrangan orang. Jika tetap ingin memasang papan reklame, bisa dengan cara membolong-bolongkan bennernya atau dengan menaruh benner yang kecil-kecil saja, sehingga berat dari tekanan angin yang masuk tidak mengganggu keseimbangan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO). Bisa juga di buatkan jembatan khusus untuk papan reklame. Karna designe jembatan khusus papan reklame lebih kuat dari pada Jembatan Penyebrangan Orang (JPO).






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive