Sabtu, 24 September 2016

Permasalahan Sosial: Permukiman Kumuh di Jakarta Utara

Masalah sosial adalah suatu kondisi dimana terjadi ketidaksesuaian atau ketidakcocokan beberapa unsur yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan norma yang ada di dalam kalangan masyarakat dan bisa mengakibatkan kegoyahan dan perpecahan  dalam masyarakat. Menurut pendapat para ahli seperti Bulmer  (1971) dan Thompson (1988), pengertian masalah sosial ialah suatu kondisi yang terjadi dimana dapat mengancam nilai-nilai di dalam masyarakat, sehingga dapat berakibat pada sebagian besar dari anggota masyarakat. Masalah sosial biasanya timbul dari kekurangan-kekurangan yang ada di dalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada faktor ekonomi, biologis, psikologis, dan budaya.  


     
Saat ini banyak masalah sosial yang terjadi di Indonesia, salahsatunya adalah banyaknya permukiman kumuh yang ada di daerah perkotaan. Beragam upaya dan program dilakukan untuk mengatasinya, namun masih saja banyak kita jumpai permukiman masyarakat miskin di hampir setiap sudut kota yang disertai dengan ketidaktertiban dalam hidup bermasyarakat di perkotaan. Misalnya
pendirian rumah maupun kios dagang secara liar di lahan-lahan pinggir jalan sehingga mengganggu ketertiban lalu lintas yang akhirnya menimbulkan kemacetan jalanan kota.

Keluhan yang paling sering disampaikan mengenai permukiman masyarakat miskin tersebut adalah rendahnya kualitas lingkungan yang dianggap sebagai bagian kota yang mesti disingkirkan. Terbentuknya pemukiman kumuh, yang sering disebut sebagai slum area sering dipandang potensial menimbulkan banyak masalah perkotaan. Seperti permukiman yang ada di daerah Jakarta Utara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2008 diketahui bahwa Jakarta Utara merupakan daerah paling kumuh dibandingkan tiga wilayah Jakarta lainnya.  Beberapa daerah yang masih kumuh di Jakarta Utara yakni di Tanjung Priok, Semper Sarat, Tugu Utara, Cilincing, Pejagalan, Marunda, Pademangan Timur.

Sebaiknya pemerintah cepat tanggap terhadap masalah tersebut. Contohnya melakukan Program Perbaikan Kampung, yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi kesehatan lingkungan dan sarana lingkungan yang ada. Pemerintah bisa memperluas lapangan kerja agar jumlah pengangguran yang ada bisa berkurang dan mempunyai tempat tinggal yang layak, yakni tidak hidup di daerah yang kumuh. Selain itu pemerintah juga bisa memberikan dana kepada keluarga yang kurang mampu sehingga permasalahan sosial ini dapet teratasi.    




Sumber:
http://www.pengertianpakar.com/2015/03/pengertian-masalah-sosial-menurutpakar.html
http://www.ilmupsikologi.com/2015/10/pengertian-dan-bentuk-masalah-sosialmenurut-para-ahli.html
http://megapolitan.harianterbit.com/megapol/2014/09/03/7696/18/18/JakartaUtara-Daerah-Paling-Kumuh
http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/Bobo-File/Kampung-Kumuh-di-Jakarta
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive