Jumat, 30 September 2016

Kepadatan Penduduk dan Pranata Sosial



1.    Meningkatnya populasi penduduk
Indonesia menempati posisi 4 besar dengan jumlah penduduk terbanyak dibawah China, India, dan Amerika Serikat dengan jumlah penduduk kurang lebih 240 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, Indonesia tentu memiliki beberapa masalah, salah satunya adalah meningkatnya jumlah populasi manusia. Sejalan dengan bertambahnya jumlah populasi manusia, jumlah lahan yang ditempati oleh manusia juga berkurang, yang dapat menyebabkan kepadatan penduduk yang tidak merata dibeberapa daerah. Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk dalamsetiap wilayah seluas satu kilometer persegi. Contohnya, pusat pemerintahan dan segala hal-hal inti di Indonesia kebanyakan berpusat di pulau jawa, sedangkan di pulau-pulau lain hanya seadanya saja. Beberapa faktor yang menyebabkan mengapa kepadatan penduduk tidak merata, dan hanya terpusat di pulau jawa saja, yaitu; jumlah lapangan pekerjaan yang banyak, fasilitas yang memadai, transportasi yang mudah, dan keinginan untuk mencari pengalaman.  Bagaimana cara untuk mengatasi masalah populasi penduduk yang membludak dan dapat menyebabkan kepadatan penduduk yang tidak merata?
a.       Melakukan program transmigrasi
Sekitar beberapa puluh tahun silam, Indonesia sempat melakukan program transmigrasi. Menyebarkan banyak kepala keluarga yang berada di pulau jawa yang padat ke pulau-pulau yang masih sepi penduduk. Masing-masing kepala keluarga diberikan sebidang  tanah untuk bangunan rumah dan juga lahan untuk berkebun. Jika adanya program transmigrasi, banyaknya populasi penduduk yang ada di Indonesia ataupun kepadatan penduduk tidak akan terlalu terlihat, bahkan akan memajukan dan mengembangkan daerah yang menjadi tujuan transmigrasi.  
b.      Melancarkan program KB
Masih banyak masyarakat yang menyepelekan program keluarga berenca alias KB, seharusnya dilakukan banyak sosialisasi dan memberikan pemahaman ke masyarakat tentang program keluarga berencana dan keuntungannya.
c.       Meningkatkan kualitas pendidikan
Dengan meningkatnya kualitas pendidikan di seluruh penjuru indonesia, maka akan membuat masyarakat tidak perlu berpindah ke pusat negara atau pulau jawa yang akan menyebabkan kepadatan penduduk yang tidak merata, dan akan meningkatkan pula kesadaran dan kepekaan masyarakat terhadap jumlah populasi manusia di Indonesia.
d.      Memperluas lapangan kerja
Kebanyakan masyarakat takut untuk tinggal di daerah-daerah kecil dan memilih untuk hijrah ke ibu kota adalah sedikitnya lapangan pekerjaan. Seandainya pemerintah dapat menemukan solusi untuk memperluas lapangan pekerjaan, mungkin antusias masyaraat untuk mencari kerja ke ibu kota tak akan sebesar sekarang dan tak akan menyebabkan kepadatan penduduk yag tidak merata.
e.      Meningkatkan infrastruktur
Infrastruktur sama saja dengan prasarana, yaitu segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Infrastruktur dapat berupa jalan, kereta api, air bersih, bandara, kanal, waduk, tanggul, pelabuhan, dan lain-lain. Dalam proses ini tentu dibutuhkan Arsitek profesional dan juga beberapa teknisi lain untuk mewujudkannya.
f.        Mengatur tata kota
Akibat perencanaan tata ruang kota yang tidak jelas dapat menyebabkan banyak masalah, seperti banjir, kemacetan, pemukiman yang tidak teratur, dan lain-lain. Tata kota yang baik akan membuat masyarakat yang menempati daerah-daerah tujuan transmigrasi atau daerah yang dianggap tidak menarik menjadi nyaman untuk tinggal walaupun bukan di daerah pusat seperti jawa. Pengaturan tata kota juga tidak luput dari campur tangan Arsitek.
g.       Meningkatkan fasilitas umum
Fasilitas umum seperti gedung-gedung atau tempat umum di atur sebaik dan semenarik mungkin, seperti gedung sekolah, gedung pemerintahan, tempat wisata, taman kota, dan lain-lain. Tujuannya sama, yaitu untuk membuat masyarakat merasa nyaman dan tidak jenuh, dan memang sudah seharusnya fasilitas umum di buat dengan baik. Untuk meningkatkan fasilitas umum tentu membutuhkan Arsitek yang memiliki desain dan ide yang baru.


2.    Pranata sosial 
         Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat. Pranata sosial dibagi menjadi 8 bagian, yaitu;
a.       Domestic institutions
Domestic institutions adalah pranata yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan. Contohnya pernikahan, pertunangan, pertemanan, dan lain-lain.
b.      Economic institutions
Economic institutions adalah pranata yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusikan harta benda. Contohnya, koperasi, perikanan , pertainian, perdagangan, dan lain-lain.
c.       Educational institutions
Educational instituions adalah pranata yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan. Contohnya, tk, sd, smp, sma, perguruan tinggi, dan lain-lain.
d.      Scientific institutions
Scientific institutions adalah pranata yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia. Contohnya, berbagai metofi ilmiah dan pendidikan ilmiah lainnya.
e.      Aesthetic and Recreational institutios
Aesthetic and Recreational institutions adalah pranata yang memilki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia  untuk menyatakan rasa keindahan rekreasi. Contohnya, seni suara, seni lukis, seni tari, dan lain-lain.
f.        Religius institutions
Religius institutions adalah pranata yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan. Contohnya, doa, shalat, dan lain-lain.
g.       Politic institutions
Politic institutions adalah pranata yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk megatur kehidupan berkelompok atau bernegara. Contohnya, pemrintahan, demokrasi, pemilu, kehakiman, dan lain-lain.
h.      Spmatic institutions
Spmatic institutions adalah pranata yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan jasmani manusia. Contohnya, kesehatan, kecantikan, dan lain-lain.

Sumber:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive