Jumat, 23 September 2016

PERMASALAHAN SOSIAL: PERMUKIMAN MODERN DI DAERAH CAGAR BUADAYA BETAWI

Permasalahan sosial merupakan sebuah gejala atau fenomena yang muncul dalam realitas kehidupan bermasyarakat. Tidak dapat dipungkiri, Permasalahan sosial yang ada saat ini terhitung sangatlah banyak dan sangat berpengaruh terhadapt kelangsungan bermasyarakat. Menurut Martin S. Weinberg, masalah sosial adalah situasi yang dinyatakan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup signifikan, dimana mereka sepakat dibutuhkannya suatu tindakan untuk mengubah situasi tersebut.

Permasalahan Sosial akan berdampak buruk bagi suatu kelompok masyarakat dikarenakan hal ini dapat menyebabkan pertentangan dan perpecahan dalam kelompok masyarakat tersebut. Salah satu permasalahan sosial yang ada saat ini ialah permasalahan sosial yang menyangkut pelestarian budaya, seperti yang dapat kita jumpai di Condet, Jakarta.

http://ekbis.sindonews.com/read/1029551/150/melihat-lebih-dekat-keistimewaan-rumah-desain-betawi-1438739976
 
Condet merupakan salah satu Kawasan Cagar Budaya dan Kawasan Permukiman etnis Betawi di Kota Jakarta. Menjadi salah satu Wilayah pelestarian Budaya Betawi menjadikan Condet sebagai wilayah yang sangat kental akan Budaya Betawi. Hal ini terlihat dari pemukiman warganya, terlihat dengan jelas karakteristik atau ciri rumah berarsitektur khas Betawi.

Namun di beberapa bagian pemukiman, terdapat beberapa rumah yang sudah tidak lagi mengedepankan karakteristik Budaya Betawi. Pada awal 1980-an dengan luas wilayah kurang-lebih 800 hektar tercatat 25% dari rumah yang ada merupakan rumah tradisional yang memerlukan reservasi, 50% rumah tradisional dalam kondisi cukup baik, dan 25% lainnya rumah baru. Penghilangan karakteristik ini dapat menyebabkan banyaknya masalah yang timbul, sehingga dibutuhkan usaha untuk menghindarinya.

Hal ini dapat di atasi dengan mengadopsi elemen elemen khas Tradisional Betawi ke dalam rumah yang bernuansa modern agar tetap terjaga karakteristik budaya Betawinya, seperti pemasangan lisplank dengan motif gigi balang, ukiran bunga matahari, desain pintu dan jendela. Nantinya bukan hanya mengedepankan pelestarian budaya Betawi, namun dapat juga menjadi salah satu daya tarik objek wisata Khas Betawi.

Dengan memahami pengruh Permasalahan Sosial, diharapkan kita semua dapat menangani dan mencegah Permasalahan Sosial yang ada, agar tidak ada lagi Permasalahan yang dapat memecah belah rasa kemasyarakatan yang ada.


Sumber:
Fahdisjro Nyoy. “PERMASALAHAN SOSIAL” fahdisjro.com . http://www.fahdisjro.com/2014/09/permasalahan-sosial.html

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive