Minggu, 25 September 2016

Permasalahan Sosial : JPO Pasar Minggu Roboh, Pengamat: Ini Kelalaian PemprovDKI

Nama : Tomy Wilian
Kelas : 1TB03
NPM : 27316416

Permasalahan Sosial

Menurut Lesli, permasalahan sosial adalah suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki. Jadi, saya menyimpulkan bahwa permasalahan sosial adalah suatu hal yang bertentangan dari peraturan atau norma di lingkungan masyarakat atau sebuah kelalaian yang dilakukan oleh pihak individu, kelompok, atau bukan kelompok kemudian mengakibatkan adanya sesuatu yang harus diperbaiki.

 JPO Pasar Minggu Roboh, Pengamat: Ini Kelalaian PemprovDKI



Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lalai dalam peristiwa robohnya jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Sabtu 24 September 2016.

 "Kalau kelalaian, jelas ini kelalaian. Siapa yang memberikan izin kasih iklan di situ (JPO Pasar Minggu). Artinya, kalau misalnya tahu beban itu tidak bisa mengantisipasi tekanan angin, itu kan jelas (lalai)," kata Yayat saat berbincang dengan Okezone, Minggu (25/9/2016). Yayat menjelaskan, di DKI Jakarta memang banyak JPO yang dibebani dengan pemasangan iklan. Seharusnya ketika iklan dipasang harus diperhatikan kekuatan konstruksinya sehingga selaras dengan kemampuannya untuk dipasangi iklan media luar ruang.

"Nah pertanyaannya, kenapa bebannya (iklan yang dipasang) terlalu besar mengantisipasi angin atau kalau sudah tahu jembatan tidak boleh terhalangi oleh adanya tekanan angin, bagaimana teknis pemasangannya," ulasnya. "Kalau misalnya Dishub mengatakan tidak boleh tingginya satu meter mengapa bisa lebih. Karena kan selama ini orang kan menganggap tidak ada masalah dengan itu. Tapi, berarti kan dari sisi design dengan beban maka harus dikoreksi semua JPO-JPO di Jakarta ini," ujarnya. Akibat robohnya JPO tersebut, sejauhnya tiga orang tewas. 

 Kesalahan Perencanaan Jembatan

Perencanaan yang keliru dalam membuat desain jembatan akan menghasilkan pemilihan tipe bahan bangunan serta dimensi material dibawah batas kekuatan yang diperlukan, jika hal ini terjadi maka sebuah struktur bangunan yang sudah jadi atau masih dalam tahap pembangunan bisa dipastikan akan mengalami kerobohan karena struktur jembatan tidak kuat menahan beban yang terjadi baik itu berat sendiri jembatan, beban melawan hujan atau cuaca yang buruk, beban angin sampai dengan beban gempa menyesuaikan lokasi dimana jembatan tersebut dibangun. Semua itu harus diukur lebih baik lagi dari perancangnya.

 Terjadi Perlemahan Struktur Jembatan

Misalnya sebagian bahan bangunan mengalami kerusakan seperti besi yang mengalami perkaratan atau mengendornya sambungan baut pada satu bagian struktur juga dapat menjadi penyebab robohnya jembatan, oleh karena itu diperlukan kegiatan pemeliharaan jembatan dengan jadwal yang baik sehingga setiap kerusakan pada jembatan langsung dapat diperbaiki sebelum mengalami keruntuhan.

 Kelalaian Pemprov DKI

Ini juga merupakan salah satu faktor dari penyebabnya jembatan tersebut bisa roboh. Bentuk ketidakpedulian pemerintah terhadap sarana maupun fasilitas yang ada. Bahkan, bukan hanya JPO Pasar Minggu yang saja yang roboh, tetapi banyak kasus yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Maka dari itu, seorang arsitektur harus tanggap, peduli dan jujur. Terutama dalam pencegahan korupsi yang mungkin saja bisa mengakibatkan dampak negatif di lingkungan sekitar. 

Jadi, saya sebagai penulis juga berada di kejadian tersebut. Ketika di perjalanan menaiki kendaraan roda dua, saya menuju arah Depok dari rumah saya, tepatnya di Jalan Pasar Minggu, JPO ambruk sekitar pukul 15.30 WIB pada Sabtu (24/9) kemarin. JPO ambruk ketika hujan deras disertai angin kencang melanda Ibu Kota. Posisi ambruknya jembatan tepat di terowongan underpass Pasar Minggu dan menutup jalan dari arah Pancoran ke Depok dan sebaliknya.

Sumber :

 http://news.okezone.com/read/2016/09/25/338/1498072/jpo-pasar-minggu-roboh-pengamat-ini-kelalaian-pemprov-dki
 http://www.fahdisjro.com/2014/09/permasalahan-sosial.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive