Rabu, 28 September 2016

PERMASALAHAN SOSIAL : PERELOKASIAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL)



Masalaha sosial adalah suatu masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan lembagalembaga kemasyarakatan. Mengapa dikatakan masalah sosial karena, berkaitan dengan gejalagejala yang mengganggu ketentraman masyarakat. Dengan begitu masalah sosial menyangkut nila dalam segi moral. Untuk dapat mengklarifikasinya membutuhkan penilain sebagai pengukurannya.
Permasalahan sosial menurut salah satu ahli/pakar yaitu Menurut Soerjono Soekanto, “masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial”. Dari pengertian permasalahan sosial yang diungkapkan oleh Soerjono Soekanto , maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Masalah Sosial adalah kondisi yang tidak diingingkan dalam suatu masyarakat atau kelompok, karena tidak sesuai dengan unsur kebudayaan dan juga dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok kelompok sosial tersebut, yang menyebabkan kepincangan ikatan sosial. Apabila antara unsur-unsur tersebut terjadi ketidaksesuaian, maka hubungan-hubungan sosial akan terganggu yang mengakibatkan kekacauan dalam kehidupan kelompok. Selain itu, permasalahan sosial juga dapat mengganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat dan diperlukan adanya tindakan sebagai hasil dari kesepakatan bersama (musyawarah) untuk mengatasi atau memperbaikinya.
Sebagai contoh permasalahan sosial yang terjadi dikalangan masyarakat yaitu perelokasian pedagang kaki lima (PKL). Seharusnya para ahli perencanaan kota memerhatikan pemasalahan ini, sebab dengan adanya pedagang yang mengelar dagangannya di bahu jalan itu dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahn tersebut para ahli perencanaan harus bekerja sama dengan pihak pemerintah untuk membangun tempat / toko-toko yang dapat digunakan sebagai tempat berjualan. 

 sumber :

  1. http://www.pengertianpakar.com/2015/03/pengertian-masalah-sosial-menurut-pakar.html
  2. http://www.fahdisjro.com/2014/09/permasalahan-sosial.html


Share:

1 komentar:

  1. kisah kesuksesan aq,dulu aq seorang pendatang di ibukota jkrt,untuk mengadu nasib cari kerja kesana kesini,udah brp bulan aq tak ada jln kesuksesan,tp aq berani diri cari jalan atau petunjuk di internet cari yang bisa beri petunjuk,aq dpt atas nm kisongo dgn nomnya 0852 1751 9919.berkat arahan atau petunjuk beliau aq skrn sukses jd PKL di ibu kota jkrt in,klau ad mau sprt aq silakan anda bukti kan sendiri hugungi ki songo atau and lht weby d www.paranormal-kisongo.blogspot.com,in lah cerita pendek aq,terima kasih

    BalasHapus

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive