Minggu, 25 September 2016

Permasalahan Sosial : Kemacetan di Pintu Tol Brebes Timur (Brexit)


Nama : Erika Budi Hapsari
NPM   : 22316362
Kelas  : 1TB03

Permasalahan Sosial : Kemacetan di Pintu Tol Brebes Timur (Brexit)
Pendefinisian permasalahan sosial memang sangat beragam, hal ini dikarenakan memiliki arti yang sangat luas. Ada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli mengenai permasalahan sosial. Lesli sebagai salah satu dari para ahli tersebut menjelaskan permasalahan sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.
Sedangkan menurut saya pribadi, permasalahan sosial merupakan suatu gejala atau fenomena yang terjadi di kehidupan masyarakat baik itu dalam ruang lingkup yang kecil maupun besar, yang harus segera diatasi agar tidak tumbuh dan berkembang menjadi masalah-masalah baru yang dapat membahayakan generasi selanjutnya.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat kita ambil contoh permasalahan yang terjadi beberapa bulan lalu di pintu tol Brebes Timur. Musim mudik tahun ini untuk pertama kalinya tol Palimanan-Brebes menjadi sorotan saat mudik. Antrian parah terjadi di pintu tol Brebes Timur yang kini dikenal dengan sebutan Brexit, sehingga membuat pintu tol ini menjadi lautan sampah seperti yang ditulis oleh macantua.com
Image result for tol brexit macet
Kemacetan di pintu tol Brexit. Foto: liputan6.com
Pada masalah ini, konsep programatik dari ilmu arsitektur bisa diterapkan. Konsep programatik ini sendiri menekankan pada upaya untuk mengidentifikasi penyebab dari permasalahan pada suatu proyek dan perancangan kemudian mencari solusi dengan pemecahan berbagai sumber.
Kabag Ops Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Benyamin menjelaskan beberapa penyebab dari kemacetan parah di tol Brexit.
Penyebab utamanya jelas, mobil cepat melaju di jalan tol ditambah dengan dihilangkannya beberapa pintu tol transaksi membuat laju di jalan tol semakin lancar dan kemudian tertahan di Brexit yang hanya menyediakan kurang dari 10 gate tol transaksi.
Selain jumlah pintu tol yang sedikit, perpindahan dari jalan tanpa hambatan menjadi jalan raya tentu akan berpengaruh besar, laju kendaraan yang melambat di luar jalan tol pun memberi andil kemacetan yang semakin parah.
Kemacetan ini tidak akan pernah berakhir jika solusi jangka panjang tidak disiapkan. Salah satu solusinya tol transjawa harus segera diselesaikan sehingga para pemudik nantinya tidak keluar di satu pintu tol yang sama tetapi menyebar sesuai dengan tujuan masing-masing. Selain itu, perlu adanya kerja sama dengan warga masyarakat khususnya para pengguna jalan tol untuk bisa disiplin waktu.

Sumber :
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive