Jumat, 30 September 2016

PERMASALAHAN SOSIAL: Angin Kencang Sebabkan Atap Plaza Kalibata Ambruk

Sabtu, 24 September 2016 - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Ibu Kota petang ini menyebabkan satu titik atap di Plaza Kalibata, Jakarta Selatan, ambruk. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.Menurut salah satu saksi mata bernama Nurdin (30), peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Dia menduga angin kencang membuat atap di Plaza Kalibata itu ambruk. ( http://news.detik.com/berita/d-3305995/angin-kencang-sebabkan-atap-plaza-kalibata-ambruk-tak-ada-korban )
metro.sindonews.com
Runtuhnya atap yang ditiup angin kencang diduga karena atap yang kurang kokoh baik dari bahan ataupun struktunya. Meskipun tidak memakan korban jiwa, namun satu orang mendapat luka ringan akibatnya. Peristiwa itu tentu saja tidak sesuai dengan apa yang diharapkan sang perancang bangunan maupun masyarakat yang menikmati fasilitas hiburan di dalamnya, menjadikan hal tersebut termasuk dalam permasalahan sosial.
Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.
Dalam kasus ini, runtuhnya atap Plaza Kalibata yang membahayakan kehidupan kelompok sosial yang bisa saja tertimpa puing-puing reruntuhan atap bangunan. Dalam teori arsitektur Vitruvius, yakni Utilitas, Firmitas, dan Venustas, harus ada keseimbangan antara kekuatan, komponen fungsi, dan komponen estetika pada setiap bangunan. Oleh karenanya, setiap bangunan memiliki struktur dan bahan yang berbeda. Maka dari itu, renovasi atap Plaza Kalibata yang runtuh yang akan dilakukan ke depannya harus lebih memperhatikan kekuatan struktur dan bahan yang digunakan agar dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.
Sumber:
Nama : Yola Safitri (27316791)
Kelas : 1TB03
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive