Jumat, 30 September 2016

Kepadatan Penduduk dan Pranata Sosial

  1.            Kepadatan Penduduk

      

Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk di suatu wilayah per satuan luas atau perbandingan jumlah penduduk dengan luas lahan. Berikut ini faktor- faktor penyebab kepadatan penduduk
a.         Faktor kelahiran
b.         Faktor iklim dan tempat strategis
c.         Faktor ekonomi
     d.         Faktor sosial
Cara untuk mengatasi kepadatan penduduk yang semakin tinggi adalah dengan cara membangun tempat-tempat permukiman penduduk secara efesien seperti membangun rumah susun, menyediakan prasarana yang memadai (rumah sakit, sekolah, dan ruang terbuka).

2. Pranata Sosial
Pranata sosial adalah system norma yang mengatur segala tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat. Dr. Koentjaraningrat  membagi pranata sosial menjadi 8 macam yaitu:
1.   Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah, contoh : metode ilmiah, penelitian, dan  pendidikan ilmiah.
2.   Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan menyatakan rasa keindahan dan   reaksi, contoh : seni rupa, seni drama dan sport.
3.        Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan dan domestic institutions, contoh : pertunangan, perkawinan, dan perceraian.
4.      Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian tertentu, contoh : pertanian, peternakan, dan industry.
5.       Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, contoh : TK, SD, SMP, dan SMA.
6.   Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam terhubungnya dengan Tuhan, contoh : masjid, gereja, dan klenteng.
7.      Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan suatu kelompok atau Negara, contoh : pemerintah demokrasi, kepolisian, dan kehakiman.
8.  Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jasmani manusia, contoh:     pemeliharaan kecantikan, kesehatan, dan kedokteran.

Sumber:     
     https://www.plengdut.com/macam-macam-pranata-sosial/323/ 
   http://xoenabhie01.blogspot.co.id/2009/10/macam-macam-pranata-sosial.html

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive