Sabtu, 01 April 2017

CINTA DAN KASIH




“Cinta” adalah kata yang sulit untuk didefinisikan, karena kata “cinta” memiliki pengertian yang sangat luas. Cinta berhubungan dengan emosi dan bukan dengan intelektual. Oleh karena itu pengertian cinta setiap orang bisa berbeda-beda.

Berdasarkan pengalaman hidup pribadi saya, menurut saya cinta adalah:

  •    Sesuatu yang membuat kita semangat untuk berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.
  •  Ketika kita memberikan perhatian yang lebih kepada mereka yang kita cintai dibandingkan mereka yang tidak kita cintai.
  •    Ketika kita merasakan kehangatan akan kehadiran mereka.
  •    Ketika kita merasakan kerinduan yang tidak ada habisnya.
  •   Ketika kita menyampingkan ego dan berjuang untuk membuat orang yang kita cintai tersenyum bahagia.
  •    Ketika orang lain melihat upaya kita sebagai “pengorbanan”, namun yang kita rasakan adalah sebuah “perjuangan”.
  •    Ketika kita terus memberi tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun.


Tanpa kita sadari, kita telah mencintai banyak orang di dunia ini seperti orangtua, saudara, Sahabat dan Idola kita. Berikut merupakan ungkapan rasa cinta saya kepada mereka.

1.   Cinta Kepada Orangtua





Orangtua adalah sepasang malaikat yang diturunkan tuhan untuk menjaga, merawat, mengasihi memberikan perhatian dan memberikan cinta dan kasih sayang kepada kita. Saat kita berada dalam kesedihan, orang pertama yang merasakannya adalah Ayah atau Ibu kita. Saat kita berada dalam kesulitan, orang pertama yang menolong kita adalah orangtua kita. Yang rela mengorbankan segala sesuatu demi kesejahteraan hidup kita dan tidak tau lelah akan menuruti keinginan kita, siapa lagi selain orangtua kita?

Cinta saya kepada kedua orangtua saya sangat besar. Sejak kecil orangtua saya selalu membawa saya kemanapun mereka pergi. Mereka selalu mengawasi saya kemanapun saya pergi dan dengan siapapun saya berteman. Mereka bahkan rela memberikan apapun itu yang saya inginkan agar saya “betah” menghabiskan waktu di rumah dan tidak sering-sering main di luar rumah. Awalnya, saya berfikir bahwa mereka “overprotective” terhadap saya. Tetapi, saya menyadari bahwa apa yang mereka lakukan selama ini adalah bentuk perhatian dan tanda cinta dan kasih kepada saya.

Ketika saya harus menempuh pendidikan SMA di kota yang berbeda dengan orangtua saya, disana saya merasakan kerinduan yang sangat dalam. Mungkin itu adalah apa yang dirasakan mereka saat saya pergi jauh. Kehadiran akan cinta dan kasih sayang mereka memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap saya. Dengan mereka berada di dekat saya, mereka dapat membuat hidup saya terasa aman, tenang, nyaman, dan juga dapat memberikan semangat untuk berjuang menjadi pribadi yang baik dan sukses.

2.      Cinta kepada Saudara

Saudara adalah orang-orang yang mengetahui dengan baik segala sifat, sikap, karakter, pengalaman, dan bahkan kekurangan kita. Mereka adalah orang-orang yang mengetahui seluruh kelebihan dan kekurangan kita, namun tidak pernah meninggalkan kita saat kita berada dalam kesulitan.

Saya dibesarkan dengan kehadiran seorang kakak dan dua orang adik. Jadi, saya mendapatkan kasih sayang yang banyak dari mereka. Rasa cinta dan kasih terhadap saudara-saudara saya tentu saja berbeda dengan rasa cinta saya terhadap orangtua. Kebersamaan adalah hal yang menyatukan kita. Menghabiskan waktu bersama walaupun hanya dengan bercanda dan tertawa membuat kita saling mencintai dan mengasihi. Di saat salah satu dari kita mendapatkan masalah maupun kesulitan, yang lain memberikan perhatian dan bantuan. Berkelahi adalah suatu hal yang biasa diantara kita, namun perkelahian tidak dapat mengurangi rasa cinta dan sayang kita terhadap sesama. 

3.       Cinta kepada Sahabat

Sahabat bagi saya adalah orang-orang yang saya anggap sebagai saudara dan keluarga sendiri. Meskipun mereka bukanlah saudara sedarah, namun kehadiran mereka dalam hidup saya tidak kalah penting dengan kehadiran orangtua dan saudara kandung. 

Disaat saya berada di dalam rumah, saya mendapatkan perhatian, cinta dan kasih dari keluarga. Tetapi saat saya tidak di rumah, saya mendapatkan hal-hal tersebut dari sahabat-sahabat saya. Sahabat memiliki peran penting karena selain memberikan cinta dan kasih, saya dapat bertukar pikiran dan berbagi bidang ilmu dengan mereka. Karena sahabat adalah orang lain (tidak sedarah) maka mereka memiliki latar belakang, sifat, dan kepribadian yang begitu berbeda dengan saya. Namun, perbedaan tersebut dapat mengajari saya bertoleransi. Selain itu, sahabat sering dijadikan tempat curhatan. Hal ini karena persahabatan kita terasa nyaman dan kita percaya kepada satu sama lain.

4.        Cinta Kepada Idola


Idola adalah seseorang yang dapat menarik perhatian dan dijadikan inspirasi karena suatu kelebihan yang dimilikinya. Idola dapat berupa orang yang kita kenal secara pribadi maupun orang yang tidak kita kenal secara pribadi.

Saya mengidolakan banyak tokoh. Tetapi, sebagian besar tokoh yang saya idolakan adalah fiktif. Saya sering mengidolakan tokof fiktif yang saya ketahui melalui novel, film dan cerita dongeng. Kepribadian yang berbeda-beda dan unik dapat saya temukan dalam tokoh-tokoh tersebut. Meskipun mereka tidak ada di dunia nyata, namun kehadiran mereka dipikiran saya selalu terbayang. Bentuk cinta saya terhadap tokoh-tokoh idola saya adalah dengan cara mengagumi mereka dan menjadikan mereka sebagai inspirasi dan semangat dalam melakukan hal-hal yang menurut saya tidak mungkin atau sangat sulit untuk dicapai.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive