Sabtu, 22 April 2017

Keindahan Pantai Klayar dan Goa Gong di Kabupaten Pacitan


Nama : Erika Budi H.
Kelas : 1TB03
NPM : 22316362
Keindahan Pantai Klayar, Pacitan
 

          Pantai Klayar adalah pantai eksotik di Kabupaten Pacitan yang masih alami dengan hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut dan air mancur alami setinggi 10 meter yang akan menyembur saat ombak besar datang. 

          Pantai ini terbilang masih sangat sepi, dan hanya akan terlihat beberapa nelayan yang sedang melaut saat hari biasa. Hamparan pasir putih membentang dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai, dan diapit bukit-bukit karang di kanan dan kirinya. Di waktu senja tiba, cahaya sunset yang menyinari Pantai Klayar begitu menakjubkan.

          Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat dicapai sekitar 60 menit dari kota pacitan.

          Akses jalan menuju Pantai Klayar sudah terbilang baik dan beraspal hotmix. Tetapi meskipun kondisinya beraspal baik, tetapi jalannya terbilang sempit dan  memiliki geometri jalan yang berkelok dan memiliki topografi curam. Perjalanan menuju ke pantai Klayar adalah sebuah tantangan bagi mereka yang suka akan kegiatan luar ruangan, karena jalan yang harus diakses terbilang sempit dan rusak di beberapa bagian. Ditambah lagi, terdapat kelokan tajam serta rute yang naik turun perbukitan dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem. Namun demikian, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan.

Keindahan Goa Gong, Pacitan
 

          Goa Gong yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung, Kabupaten Pacitan, Jawa Tengah ini merupakan salah satu dari sekian banyak goa indah yang berada di kabupaten tersebut. Goa Gong juga terletak tidak terlalu jauh dari sebuah goa lainnya yang juga sangat terkenal yakni Goa Tabuhan. Keindahan Goa Gong sudah sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di mancanegara, oleh karena keindahannya bahkan Goa Gong ini ditetapkan sebagai goa yang paling indah di kawasan Asia Tenggara. 

          Keindahan Goa Gong terlihat dari beragamnya batu-batu stalaktit dan stalakmit yang terdapat dalam goa tersebut. Keindahan goa yang berpadu dengan penataan baik dari pihak pengelola membuat suasana dalam goa ini semakin indah saja. Dengan bantuan cahaya lampu yang ada dan berwarna warni, semakin menambah keindahan dari goa yang menawan ini.

          Menuju ke bagian bawah goa ada sebuah kolam atau sendang yang sangat mengagumkan. Sajian utama dari goa ini sebenarnya adalah sebuah batu besar yang apabila dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik gong. Batu tersebut pulalah yang menjadi muasal penamaan dari goa yang teramat menakjubkan ini.

          Dari beberapa ruangan yang terdapat di dalam Goa Gong, salah satu ruangan yang terbesar yang berada di dalam goa ini pernah dijadikan sebagai venue dari pertunjukan musik 4 negara. Pertunjukan musik tersebut dilakukan sebagai bentuk promosi atas keindahan Goa Gong ke kancah internasional.

          Untuk memasuki Goa Gong ini hanya diperlukan tiket masuk seharga 7000 rupiah saja. Dengan jam buka dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Berbagai macam fasilitas sudah tersedia di sekitar area wisata ini seperti mushala, rumah makan, hingga toilet. Semuanya ada untuk memberikan kenyamanan pada para pengunjung ketika sedang berwisata di sekitar area Goa Gong.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive