Sabtu, 22 April 2017

KEINDAHAN CURUG PUTRI DAN GUNUNG CIREMAI

Membedah kecantikan Kuningan tidak akan membuat menyesal. Potensi tempat wisata di Kuningan menawarkan sensasi dan kesan tersendiri. Meski tak setenar Bandung sebagai destinasi wisata di Jawa Barat, namun pesona Kuningan tetap layak diperhitungkan.

Pernah ke Kuningan?


Kabupaten di provinsi Jawa Barat ini menawarkan sejuta pesona wisata yang tak kalah cantik dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Di kabupaten yang bersebelahan dengan Kota Cirebon ini banyak dijumpai tempat wisata mulai dari wisata alam hingga sejarah. Berikut ini saya akan mengulas kecantikan dan keindahan dari wisata alam yang terdapat di Kuningan, yaitu:

1. Curug Ciputri Palutungan

Merasakan Jernihnya Air Terjun Para Putri Kahyangan

Sebelah barat kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terdapat sebuah air terjun yang cantik dengan air jernih bagaikan kristal. Air Terjun Ciputri namanya atau biasa disebut masyarakat sekitar dengan nama Curug Ciputri.

Berjarak 9 km atau dapat ditempuh 20 menit dari pusat kota, air terjun Ciputri berada di ketinggian 1.100 mdpl. Hal inilah yang membuat suasana di sekitar air terjun begitu sejuk. Belum lagi aliran air yang langsung mengalir dari Gunung Ceremai, menambah keasyikan tersendiri saat bermain air di area air terjun yang berada di Dusun Palutungan, Kecamatan Cigugur ini.

Jernihnya air yang mengalir membuat siapa saja yang berkunjung seakan tergoda untuk menikmati kesegaran yang ditawarkan. Kolam yang terbentuk di bagian bawah juga dapat dinikmati sambil berenang. Tidak usah khawatir dengan kedalaman, kolam di sini hanya setinggi 1 meter dan sangat aman untuk coba dirasakan.



Pepohonan yang hijau nan permai menjadi dekorasi cantik di sekeliling air terjun. Suara riak air yang jatuh menjadi simfoni yang pas untuk menenangkan pikiran yang lelah. Karenanya, para putri kahyangan sangat senang sekali bermain dan mandi di Air Terjun Ciputri ini.

Cerita masyarakat sekitar, nama Ciputri konon diberikan karena banyaknya putri kahyangan yang turun ke bumi untuk merasakan segarnya air terjun. Kata Ci sendiri adalah penggunaan dari kata Cai dari bahasa Sunda yang berarti air.

Konon mitos yang menyebar di kalangan penduduk setempat, jika terlihat pelangi di air terjun, maka bersamaan dengan itulah para putri kahyangan berada di Air Terjun Ciputri.

Mengunjungi air terjun ini serasa menjadi tempat yang pas untuk melepas kepenatan. Hanya dengan berjalan sekitar 300 meter dari gerbang utama, Anda akan menemukan sebuah air terjun cantik yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat putri kahyangan menyegarkan tubuh.



2. Gunung Ciremai Kuningan

Hasil gambar untuk gunung ciremai kuningan hd

Gunung Ciremai merupakan surga bagi para petualang di alam liar. Pada bagian puncak, terdapat cekungan kawah sejauh mata memandang dan senantiasa mengeluarkan kepulan asap raksasa. Dari bagian puncak ini, kemudian, para petualang juga bisa menyaksikan hamparan Kota Kuningan, Kota Brebes, Kota Cirebon dan birunya perairan laut Pantai Utara.

Obyek Daya Tarik Wisata Alam di kawasan TNGC memiliki pesona keindahan yang luar biasa, salah satu Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam di kawasan TNGC yang paling utama adalah wisata pendakian Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 mdpl. Pesonakeindahan puncak luar biasa menarik simpati banyak kalangan untuk mengagumi dan merasakan keindahannya.


Dalam menuju puncak Gunung Ciremai, para pendaki akan disuguhi pemandangan yang berbeda, silih berganti. Pada bagian bawah, para pendaki dipastikan akan menyaksikan hutan pinus yang usianya sudah mencapai puluhan tahun. Pada bagian tengah, para pendaki akan menyaksikan indahnya hutan perawan dataran tinggi. Pada bagian atas, para pendaki akan menikmat indahnya hamparan bunga abadi (edelwise). Sementara di bagian puncak, para pendaki akan disambut oleh tebing kawah berpasir yang sangat luas dan dalam.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive