Sabtu, 22 April 2017

ILMU BUDAYA DASAR 1
KEINDAHAN PADA SUATU OBJEK

KEINDAHAN DARI KETINGGIAN DAN KESEGARANNYA

Mendaki gunung adalah panggilan hati,sebuah perjalan jiwa yang membentuk sebuah cerita pendek untuk menggambarkan setiap liku-liku kehidupan walau memang perjalanan gunung yang pernah kami daki tidak setinggi Gunung GedePangrango,Mahameru dan lainnya namun keindahan itu sudah cukup mewakilinya karena benar kami dapat melihat jelas keindahan dan keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Mendaki bukan hanya menikmati keindahan alam semata, ada banyak hal pengalaman hidup yang bisa di peroleh dari kegiatan ini. Selama perjalanan, pendaki bisa melatih fisik dan mental. Bahkan dari pengalaman tersebut, ada banyak filosofi mendaki yang bisa kita petik sebagai suatu pelajaran. Gunung, ya satu kata yang Tuhan berikan untuk menunjukkan betapa kecilnya kita yang angkuh ini. satu kata yang membuat kita tak luput dari rasa syukur ketika menjamahinya.
Beruntung Tuhan memberikan kami tempat seindah ini untuk selalu bersyukur betapa kuasanya Dia. Tak perlu berfikir panjang untuk sekedar lari dari penatnya kerjaan atau macetnya kota,datanglah ke gunung, dia akan menasehatimu.

1.    GUNUNG MUNARA RUMPIN

Gunung Munara terletak di kampung sawah kecamatan Rumpin Kab. Bogor, mempunyai ketinggian 1.119 mdpl. Gunung ini merupakan gunung yang mulai ramai di kunjungi para pendaki gunung maupun wisatawan yang suka traveling outdoor, memang tidak terlalu tinggi tapi view yang di berikan gunung yang satu ini cukup memanjakan mata bagi kalian yang sudah lama vacum mendaki gunung yang satu ini bisa jadi penawar rindu kalian di alam bebas. Sebetulnya Gunung Munara Rumpin Bogor ini lebih cocok untuk disebut bukit, karena memang tidak terlalu tinggi posisinya. Meskipun demikian pengunjung akan tetap dapat menikmati sensasi hiking naik gunung ringan dengan pemandangan yang cukup indah. Hanya dibutuhkan kurang lebih 1 jam untuk naik ke puncaknya.

Rute menuju lokasi
·      Dari arah Jakarta :
Lebak Bulus lurus – Ciputat lurus – Gaplek lurus – Bojogsari lurus – Parung lalu belok kanan ke – Ciseeng – Rumpin – Basecamp situs Munung Munara.
·         Dari arah Depok :
Margonda lampu merah sebelum terminal belok kanan ke – Arif Rahman Hakim lampu merah belok kiri ke – Nusantara ketemu lampu merah belok kanan ke – Jl Raya Sawangan luruuuus terus lewat perempatan dtc – lurus ketemu pertigaan Parung Bingung ambil arah kiri ke Bojong Sari lurus terus ikutin jalan Raya Sawangan hingga ketemu lampu merah pertigaan Bojong Sari / Mc Donald belok kiri – lurus terus ketemu Pasar Parung belok kanan – Ciseeng – Rumpin – Kampung Sawah – Situs Gunung Munara.
Untuk biaya Masuk ke Gunung ini hanya membayar biaya parkir ke warga sekitar .
- Motor : Rp. 5.000/Motor
- Mobil : Rp. 10.000/Motor

Disarankan untuk menuju lokasi ini dipagi hari, agar perjalanan anda lebih adem dan nyaman. Jangan lupa siapkan juga minuman dan camilan ringan secukupnya.
Bagi anda berada di DKI jakarta dan sekitarnya yang ingin mencoba wisata alternatif naik gunung yang cukup ringan, lokasi wisata gunung munara cukup layak untuk anda coba.
Mendaki itu bukan untuk di takuti tetapi untuk di takluki sebuah perjalanan yang memang terbayarkan setelah sampai di puncak tertingginya bagaimana tidak, kami yang sedang kelelahan disambut dan dijamu oleh keindahan alam dari ketinggiannya yaitu suasana hijaunya pepohonan dan pertanian milik penduduk di bawah kaki gunung yang membawa energi ketenangan di hirup piruknya dunia perkotaan dan birunya awan di tambah cerahnya langit saat kami mendakinya, seakan terasa lebih dekat dengan sang pencipta Sungguh jamuan yang sangat luar biasa hingga kami tak ingin beranjak dari tempat hanya sekedar menikmati keindahannya sampai hari sore. Kami yang merasa takut tidak dapat mendakinya karena berbagai hal mulai dari fisik yang tidak begitu memadai, mental dan lain sebagainya kini terpacu lebih tertantang untuk mendaki ketinggian-ketinggian yang indah berikutnya.

Tepat berada diatas  puncak Gunung  Munara dengan ketinggian 1.119 Mdpl  dengan penampak hijau-hijauan pepohonan di bawahmya
Warna awan di potrait dari pohon dipuncak Gunung Munara yang mengalami gugur daun

2.    CURUG PUTRI KENCANA

Berbicara mengenai air terjun atau curug pasti otak kita akan menggambarkan sebuah air jernih yang terjun bebas dari ketinggian tertentu. Kecantikannya memang luar biasa. Namun dibalik semua itu tersimpan sebuah filsafat yang menggambarkan kehidupan kita di dunia ini.
Air terjun atau yang sering di sebut curug oleh masyakat yang kebanyakan curug berada di daerah Bogor, Jawa Barat.Air Terjun merupakan air yang mengalir dari atas kebawah yang tiada henti-hentinya. Hal tersebut dapat kita ibaratkan dengan sebuah ilmu, jika semakin banyak ilmu yang kita miiliki, maka kita semakin berkewajiban untuk menyalurkannya sebagai bentuk pengabdian yang tak ada hentinya yang selama ini telah kita amalkan.
Terlihat begitu sempurna, namun bisa terjatuh juga. Dan saat jatuh kebawah, keindahanya akan menyatakannya kepada dunia. Air terjun yang terjatuh layaknya duka sedangkan air terjun yang indah kita ibaratkan sebuah suka. Bukankah sama seperti kehidupan kita?
Entah terhipnotis, kami terpaku disana nikmati debur dan gemricik percikan air Dan, kubasuh jiwa dan hati dengan beningmu tersenyum, tak sertakan pretensi apapun melihatmu bergulir dan mengalir deras melaju di pusaran waktu.

Yang indah adaalah hasil akhir dan perjalanan menujunya

Alamat lokasi :
Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Aksebilitas :
Bila dari arah Jakarta arahkan kendaraan menuju kota Bogor melalui jalan tol Jagorawi.  Kelua di gerbang tol Sentul City lalu belok kiri untuk masuk ke jalan utama ke arah wahana wisata Jungle Land.  Sebelum pintu gerbang masuk Jungle Land belok kanan melalui jalan perkampungan, hingga tiba di pertigaan jalan.  Ambil belokan kiri untuk ke Curug Putri Kencana, bila lurus akan menuju kawasan wisata Gunung Pancar.  Ikuti jalan ini sampai bertemu plang petunjuk Curug Putri Kencana di sebelah kanan jalan.  Waktu tempuh dari pertigaan di atas hingga tiba di area parkiran sekitar 30 menit.
Sesampainya di area parkiran perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati perkampngan, sawah dan hutan.
Tiket dan Parkir
Tiket masuk Rp 10000 per orang dan parkir kendaraan Rp 10000 untuk kendaraan roda empat.
Segala sesuatu yang melelahkan pasti akan terbayarkan di puncak/akhir perjalanan, karena keindahan akan terasa dariperjalanan di mlai sampai akan berakhir. Untuk itu alam adalah cara terbaik kami untuk melepas penat, aatau memang sekedar travelling. Maka bukak dirilah untuk menikmati keindahan-keindahan alam lainnya karena sangat bermanfaat dari segala aspek.

Terbayarkan kan? setelah lelah berjalan menelusuri kebun dan perhutanan dengan di huni banyak binatang buas seperti babi hutan dan anjing hutan.
YOUR TRIP YOUR ADVENTURE.