Sabtu, 01 April 2017

MANUSIA DAN CINTA KASIH


Nisya Rustika A.
1TB03
 25316455

Rasa cinta dan kasih selalu diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari baik secara sadar ataupun tidak, baik terhadap sesama makhluk hidup maupun benda mati. Banyak cara dalam mengeksperisakan rasa cinta dan kasih kita terhadap orang- orang sekitar, baik yang terdengar normal ataupun aneh. Banyak kasus- kasus bunuh diri akibat cinta yang sebenarnya tidak semestinya dilakukan. Ya, itulah cinta. Namun, ada baiknya kita mengetahui apa itu cinta dan kasih.
Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya, sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih. Dapat disimpulkan juga bahwa, kasih merupakan hal yang memperkuat rasa cinta. Atau lebih mudahnya bahwa cinta merupakan perasaan, sedangkan kasih adalah perbuatannya, rasa simpati maupun empati. Cinta banyak macamnya, Cinta Diri, Cinta kepada sesama manusia,  Cinta seksual, Cinta kebapakan,  Cinta kepada Allah, Cinta kepada Rasul.
Rasa cinta dan kasih tidak seharusnya diberikan 100% terhadap makhluk- makhluk sekitar. Karena rasa cinta kasih 100% yang seharusnya hanya untuk Allah semata. Karena jika 100% itu kita gunakan kepada makhluk sekitar akan menimbulkan kefanatikan yang berlebihan. Misalnya pada kasus bunuh diri, operasi plastic sampai menyerupai wajah sang idola dll. Yang menyebabkan rasa cinta kasih menjadi hal yang negatif. Cinta kasih terhadap manusia selalu ada pada setiap momen. Rasa cinta dan bentuk kasih tidak selalu dengan menunjukan respon yang positif antara diri sendiri maupun terhadap individu lain. Karena bentuk kasih orang berbeda- beda. Ada yang cuek maupun sangat merespon dengan positif.
Gambar terkait

1.      Cinta kasih terhadap keluarga

Keluarga, terutama orang tua merupakan orang pertama yang memberikan rasa cinta kasih kepada kita. Mulai dari proses terjadinya kehamilan sampai dengan kehadiran kita pada saat ini. Saat terjadinya proses kehamilan sang ibu, muncul rasa cinta kasih yang pertama kali benar- benar dirasakan saat 9 bulan sebelum kita lahir. Bagaimana ibu sangat menjaga jenis makanan, pola makan, hawa nafsu, lalu rela membawa beban yang berat saat sudah memasuki masa kehamilan ke 9 bulan. Sampai dengan masa kelahiran dan kehidupan bersama-sama ibu merupakan orang yang hampir 24 jam ada di samping kita, terutama untuk ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga tidak kalah hebat dengan ibu- ibu berkarir, karena hampir 24 jam bertemu rasanya anak selalu yang lebih banyak membutuhkan ibu. Tidak hanya ibu, bapak juga memberikan rasa cinta kasih. Dengan cara menuruti keinginan sang istri, membanting tulang demi kehidupan kita dari saat dalam kandungan sampai lahir hingga kita masih dapat bernafas bebas pada saat ini. Dan masih banyak bentuk cinta kasih orang tua yang mungkin kita tidak sadar akan hal itu misalnya bentuk laranganp larangan orang tua, karena khawatir akan anaknya terkena bencana. Namun, bentuk kasih kita terhadap orang tua maupun sebaliknya berbeda – beda. Terdapat banyak bentuknya.

      Aktif – pasif: Rasa kurang respon dari anak
       Pasif – aktif: Biasanya terjadi pada orang tua yang bekerja karena kurangnya waktu terhadap anak
       Pasif – pasif: Sikap tidak peduli antar orang tua dan anak
       Aktif – aktif : Respon terbaik karena antara orang tua sama-sama aktif sehingga menghasilkan kesesuaian
Tidak hanya bentuk rasa cinta dan kasih orang tua terhadap anak, namun harus sebaliknya. Bagaimana kita memberikan ‘feed back’ terhadap orang tua yang sudah susah- susah membesarkan kita. Dari contoh yang sangat kecil yaitu, tunduk dan patuh terhadap orang tua ( dengan konteks positif). Hanya dengan menjadi pribadi yang baik kita sudah menunjukan bahwa rasa kasih saying terhadap orang tua sangatlah besar. Mungkin jika dilihat dengan bentuk cinta kasih secara Nampak adalah memberi hadiah di hari ulang tahunnya. Atau ungkapan sayang secara langsung.

Kakak dan adik merupakan orang tua kedua setelah ibu dan bapak. Rasa cinta kasih yang mereka berikan terhadap kita sering tak terlihat. Bagaimana mereka memberikan pendapat demi hal yang lebih baik untuk kita, menjemput kakak/ adik di suatu tempat walaupun itu jauh. Atau hal- hal yang terlihat secara langsung dengan membelikan kakak/ adik barang yang dibutuhkannya.
Namun, sering kali kita lupa, kita lebih memilih kesenangan dengan teman daripada keluarga. Padahal, keluarga adalah orang terdekat yang rela melakukan apa saja.

2.      Cinta kasih terhadap sahabat

Biasanya orang- orang mengartikan sahabat merupakan teman terdekat yang mengerti keadaan kita, baik susah maupun senang, tidak membicarakan kejelekan dibilang kita. Tetapi, menurut saya sahabat yang baik bukan berarti ada selalu disaat kita sedih atau senang, namun sahabat yang baik adalah sahabat yang mengerti kita. Karena menurut saya kata- kata ‘selalu ada’ tidak seharusnya terjadi, karena sahabat merupakan orang yang juga bisa memiliki tingkat kesibukan yang tinggi.
      Saya pribadi memiliki sahabat bukan yang selalu bertemu setiap saat disaat kita libur, bukan yang selalu berkomunikasi. Namun, cara kami bersahabat adalah dengan saling curhat disaat hati lagi gundah. Dan saling menemani jika ingin membutuhkan sesuatu. Kami juga bukan orang yang selalu memberikan surprise disaat hari- hari special.

3.      Cinta kasih terhadap idola

Idola adalah tokoh yang disenangi yang disorot banyak orang karena prestasinya yang prima. Secara probadi, saya tidak memiliki spesifik 1 tokoh idola yang terkenal, saya memiliki banyak namun tidak ada yang fanatic. Namun, jika tokoh idola boleh disebut dengan orang- orang sekitar yang mengspirasi, saya rasa teman saya ini cocok.
Ia adalah orang yang memiliki semangat belajar dan mencapai cita- cita tinggi, ia juga sangat menyayangi keluarganya (tidak hanya orang tuanya, tetapi adik- adiknya juga). Ia sering memotivasi saya untuk belajar lebih baik, untuk menghindari penundaan- penundaan tugas. Perlahan- lahan saya mengikuti sarannya dan kami selalu berkomunikasi karena ketidakinginan kehilangan sosoknya yang me=dapat merubah kehidupan yang lebih baik.
Hasil gambar untuk heart tumblr photography

Bentuk rasa cinta dan kasih yang kita berikan kepada orang- orang sekitar rata- rata sama, hanya saja tingkatan kedekatannya yang membuat berbeda. Misalnya keluarga, sahabat dan idola. Antara keluarga, sahabat dan idola berbeda karena keluarga hidup adalam satu atap yang sama yang tidak boleh terjadinya ego yang terlalu sering. Dan bentuk cinta kasih yang mereka berikan terhadap kita sering tak terlihat dan tidak tersadarkan. Namun selalu harus diingat bahwa bentuk cinta kasih yang kita berikan harus ada batasnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive