Minggu, 16 April 2017

Ilmu Budaya Dasar: Keindahan Taman Laut Bunaken dan Taman Bunga Kota Tomohon di Manado

TUGAS 5 ILMU BUDAYA DASAR
DYAH ALIA FAHRANA FILDZAHANI
1TB03
22316228

Indonesia mempunyai banyak keindahan alam yang luar biasa. Dianugerahi lanskap yang seakan tak pernah habis. Dari ujung barat hingga timur, deretan gunung, lembah, laut, danau, hingga taman nasional menunggu untuk dijelajah. Ini hanyalah secuil daya tarik wisata yang ditawarkan negeri agraris sekaligus bahari ini, dengan eksistensi suku dan budaya sebagai bumbunya. Lanskap yang disuguhkan Bumi Pertiwi seakan tak berujung, mulai dari deretan pegunungan yang megah hingga kekayaan biota bawah laut. Berikut merupakan contoh keindahan yang ada di Indonesia.

1.      Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara.




Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai area dengan luas 75.265 ha. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya. Dan jumlah penduduk yang ada di kelima pulau tersebut sekitar 21.000 orang. Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Lebih dari sekitar 3000-an spesies ikan berada di Bunaken. Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Karena kekayaan alam yang berada di Bunaken, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.
Pemerintah Kota Manado mempunyai gagasan menjadikan Bunaken sebagai obyek wisata bahari dan wisata edukasi, karena pemerintah setempat melihat aktivitas konservasi alam laut di wilayah ini. Maka dari itu kawasan Pulau Bunaken pada 1991 silam, Menteri Kelautan meresmikannya sebagai Taman Laut Nasional Bunaken. Pada saat wisatawan berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, mereka tidak akan lupa untuk berkunjung ke Taman Laut Nasional Bunaken. Karena Bunaken merupakan obyek wisata yang paling populer.
Bunaken memiliki luas kurang lebih sekitar  8 km² yang terletak di Teluk Manado. Di sekeliling Bunaken, ada taman laut yang juga bagian Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Bunaken juga merupakan salah satu taman laut yang mempunyai biodiversitas laut tertinggi dunia. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk melakukan aktivitas menyelam di kawasan Bunaken. Meski luas area mencapai 75.265 ha, lokasi menyelam sangat terbatas, hanya berada di sekitar pantai yang mengitari kelima pulau yang berada di kawasan Taman Laut Nasional Bunaken.







Di Bunaken terdapat 40 lokasi penyelaman yang memiliki beraneka ragam terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah. Wisatawan yang melakukan penyelaman di wilayah Bunaken akan disuguhi pemandangan 150 spesies ikan dari sekitar 58 genus ikan dan terumbu karang. Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai 20 dive spot / titik penyelaman dengan berbagai kedalaman yang bervariasi. Dari 20 dive spot, 12 dive spot berada di Pulau Bunaken dan merupakan titik penyelaman yang paling sering dikunjungi oleh penyelam-penyelam baik lokal maupun mancanegara. Titik penyelaman Bunaken berderet dari tenggara hingga barat laut. Di kawasan ini terdapat dinding karang berukuran raksasa berbentuk vertikal dan melengkung. Dinding ini merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan dan penghuni laut lainnya.


Pemandangan bawah laut Bunaken yang sangat mempesona memang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, berbagai jenis spesies terumbu karang yang sangat menakjubkan dengan bentuknya yang unik membentuk lekukan lekukan indah membuat mata Anda akan terpukau olehnya, disamping itu keindahan yang dihasilkan dari terowongan - terowongan mungil yang ada dibawah laut, menjadikan tempat ini surga bawah laut yang mustahil ditemukan ditempat lain. adapun lokasi penyelaman terbaik yang berada di sekitar Bunaken dan Manado Tua adalah sebagai berikut.
1.  Bunaken Timor

Bunaken Timor merupakan salah satu tempat snorkeling yang direkomendasikan, akan tetapi perlu diingat tempat ini memiliki arus bawah laut yang kuat. Terdapat berbagai macam spesies ikan yang hidup dikawasan ini. Selain itu beberapa jenis terumbu karang juga menghiasi pesona bawah lautnya walaupun mungkin tidak se-spektakuler yang lainya. Akan tetapi kita bisa menyaksikan kehidupan pari elang, hiu, penyu, dan beberapa ikan besar yang berenang kian kemari, tidak hanya itu pemandangan yang disuguhkan oleh juntaian rumput laut serta gua-gua kecil yang menghiasi dinding - dindingnya akan menghipnotis siapa saja yang menyaksikan pemandangan tempat ini.
           2. Mandolin

Mandolin merupakan sebuah taman laut yang mempunyai dinding dan puncak karang yang dihuni oleh ribuan ikan ikan yang hidup bergerombolan seperti unicornfish, surgeonfish, bannerfish, dan ikan penembak. Ikan - ikan disini sangat jinak sehingga mudah sekali untuk didekati.
          3. Muka Gereja

Sama seperti tempat snorkeling lainya di Bunaken, Muka gereja merupakan tempat yang sangat indah yang sayang sekali untuk dilewatkan disini juga banyak terdapat ribuan ikan yang berada di perairan dangkal serta palung - palung yang terbentang menuju ke dinding - dinding laut.
         4. Puncak Barakuda

Puncak Barakuda merupakan salah satu tempat snorkeling terjauh yang terletak di barat laut Bunaken. ditempat ini kita akan menemukan Segerombolan Barakuda raksasa yang berenang di antara ikan tuna dan ikan jack. Oleh karena itu tempat ini disebut dengan Puncak Barakuda.
        5. Reruntuhan kapal di Manado

Lokasi selanjutnya adalah Reruntuhan Kapal di Manado, Kapal panjang yang mempunyai ukuran 60 m ini berada di bawah laut dengan kedalaman 78  kaki atau sekitar 23 m di bawah laut. Konon kapal ini dulunya adalah kapal milik pedagang Jerman yang tenggelam pada tahun 1942 di dekat Pantai Molas . Kapal ini terbelah dibagian tengahnya sehingga memperlihatkan ruang kemudi serta pegangan kargonya, ditempat ini jarak pandang yang bisa dijangkau sekitar 10 sampai 15 m.
        6. Siladen

Tempat snorkeling selanjutnya adalah Siladen. tempat ini mempunyai dinding - dinding karang yang halus serta membentuk pemandangan yang indah dan akan terlihat hidup ketika arus datang. Lokasi Laut dangkalnya memperlihatkan keindahan tersendiri dengan ikan-ikan dan schooling snappers.
       7. Tanjung kopi

Tempat lainya yang bisa dijadikan tujuan penyelaman adalah Tanjung Kopi. Tanjung Kopi merupakan sebuah tembok kecil yang juga banyak di huni oleh segerombolan ikan barakuda dan ikan sweetlip. ditempat ini jarak pandang di lokasi air dangkal kurang begitu baik, tetapi yang membuat menarik tempat ini adalah banyaknya jumlah ikan yang bisa diamati. salah satu contoh species ikan yang hidup di tempat ini adalah Ikan Nudi branch dan Ikan Api Gobi.
       8. Tembok Lekuan (I, II, III)

Tembok Lekuan (I, II, III) merupakan sebuah tembok panjang yang ada di Bunaken, tempat ini terbagi menjadi tiga tempat lokasi yaitu Lekuan I, II, dan III. Ketiga - tiganya memiliki sebuah taman laut yang bisa dikatakan terbaik dari tempat - tempat lain di Bunaken. Tembok Lekuan memiliki dinding - dinding yang curam serta celah - celah dinding yang dalam, tidak hanya itu disini kita akan menemui kipas angin laut dan spons raksasa serta beberapa lokasi yang dangkal dan dipenuhi oleh ikan Kakak Tua Besar yang bergerombol berombongan serta penyu - penyu yang hidup di kawasan ini.

2.      Tempat Wisata Taman Bunga Tomohon, Manado


Terkecuali di kenal dengan wisata alam bawah lautnya, Sulawesi Utara juga mempunyai satu kota bunga bernama Tomohon. Karena sangat terkenalnya, kota cantik ini dapat mempunyai acara pameran berkelas internasional bertopik Tomohon International Flower Festival.

Kota Tomohon terdapat 22 km di segi timur kota Manado. Dari Manado, kota bunga ini bisa dibuka dengan perjalanan darat dengan saat tempuh sekitaran 1 jam saja. Tomohon adalah kota wisata serta tak mengaplikasikan cost masuk pada wisatawan yang menginginkan bertandang. Satu diantara langkah paling baik nikmati Tomohon yaitu berkeliling memakai mobil. Sebagai kota penghasil bunga, Tomohon mempunyai bermacam taman bunga yang bisa di nikmati keindahannya.
 


Belum lagi bila tengah di gelar Festival Bunga Tomohon yang di gelar tiap-tiap dua th. sekali. Bila festival ini tiba, kota Tomohon bak hamparan bunga beragam warna. Lantaran bertabur bunga, sontak saja Tomohon bakal menjelma jadi kwasan paling romantis di Sulawesi Utara. Jadi bila kita menginginkan bertandang ke satu diantara kota romantis di Indonesia, datang saja ke Tomohon waktu tengah mengadakan festival bunga. Th. 2015 lantas, Tomohon International Flower Festival dihelat pada tanggal 8 sampai 12 Agustus.


Bermacam tipe bunga krisan adalah satu diantara bunga yang menguasai di kota cantik ini. Biasanya tipe bunga krisan yang kerap tampak yaitu krisan putih serta kuning saja. Tetapi dalam festival bunga th. lantas, Tomohon mengenalkan 8 tipe varietas krisan baru yang pastinya bakal makin memberi daya tarik kota wisata bunga ini. Jadi terkecuali menggerakkan roda perekonomian berbasiskan agrobisnis serta pariwisata, lewat festival bunga ini dapat mendongkrak perkembangan tehnologi, terutama di bagian tehnologi pertanian.
Menariknya, Tomohon International Flower Festival bakal disemarakkan juga dengan hadirnya ratu bunga dan alunan orkes musik bambu khas Minahasa. Bukan sekedar itu, kita akan disajikan dengan tarian khas Maengket dan pawai warga yang memakai Jazirah Perang Cakalele. Sebutan untuk pakaian kebiasaan khas Tomohon yang dipakai untuk berperang berwarna merah, komplit dengan aksesori tengkorak kera serta bulu burung rongkang. Jadi terkecuali bisa nikmati keindahan bermacam bunga, festival ini dapat juga memperdalam pengetahuan intinya yang berkaitan dengan budaya Tomohon.
Share:

1 komentar:

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive