Sabtu, 01 April 2017

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Nico Babtista Tinendra
1TB03
25316407
Rizqi Intan Sari Nugraheni

MANUSIA DAN CINTA 

KASIH






Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
v  Cinta memiliki 3 unsur yaitu:
1.      Intimacy (keintiman)
Kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara dua orang            sudah tidak ada jarak lagi
2.      Passion (kemesraan)
Berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat yang dilandasi oleh rasa cinta kasih.
3.       Commitment (keterikatan)
 Adanya perasaan untuk hanya bersama dengan orang tersayang, segala prioritas dan          waktu  hanya tercurahkan untuknya.

v  Cinta Menurut Ajaran Agama
Menurut ajaran agama, cinta dapat dikategorikan sebagai berikut.
·         Cinta Diri
·         Cinta kepada sesama manusia
·         Cinta seksual
·         Cinta kebapakan
·         Cinta kepada Allah
·         Cinta kepada Rasul

v  Kasih Sayang
                        Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan             W.J.S Poerwadaminta yaitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada       seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih    sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,  sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga. Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yaitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan    pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.

Macam – macam cinta

1.      Cinta Kepada Tuhan
Sudah menjadi dasar dan kewajiban kita sebagai manusia untuk mencintai Tuhan kita. Cinta karena atas dasar rasa syukur juga cinta karena atas dasar menghormati. Seperti yang kita tahu Cinta Tuhan kepada kita itu tak terbatas maka dari itu kita sebagai mahkluk cipttaanNya haruslah mencintai Tuhan kita. Karena semua yang ada di dunia ini, semua nikmat yang telah Tuhan beri kepada kita itu pantas untuk di syukuri. Rasa syukur yang saya rasakan itu saya anggap sebagai cinta kepada Tuhan juga dengan berdoa dan mengucap syukur setiap harinya adalah salah satu cara kecil yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan cinta kita kepada Tuhan.

2.      Cinta Diri Sendiri
Cinta kepada diri sendiri adalahh tindakan yang dapat dikatan mudah tetapi sulit untuk dilakukan. Karena mencintai diri sendiri sama dengan menghormati diri sendiri. Salah satu contoh mencintai diri sendiri adalah dengan menjaga kesehatan diri sendiri. Tindakan menjaga kesehatan ini contohnya seperti tidak merokok, tidak menggunaan obat  - obat terlarang, tidak membuat diri tersiksa hanya karena kepuasaan dan gengsi. Saya berendapat bahwa mencintai diri sendiri itu juga dapat dilakukan dengan cara tidak menghianati kata hati. Contohnya hati berkata untuk mengatakan tidak tetapi raga mengatakan iya hanya karena suatu alasan tertentu yang tidak logis bahkan manusiawi.

3.      Cinta kepada keluarga
Mencintai keluarga adalah hal yang menurut saya sangatlah mudah. Mengapa ? karena, keluargalah tempat kita menemukan jati diri, siapa kita, mau menjadi apa kita kedepannya, dan apa peran kita sebagai manusia yang tunggal di dunia ini. Atau lebih singkatnya keluarga mengajarkan kita hidup. Saya sendiri mengekspresikan cinta saya kepada keluarga saya sendiri dengan cara tidak membuat malu nama baik keluarga, membuat bangga keluarga, dan memprioritaskan waktu dan hidup saya untuk keluarga.

4.      Cinta kepada kekasih
Menurut saya cinta kepada kekasih itu dapat dilakukan dengan cara apa saja contohnya waktu. Waktu adalah hadiah paling indah dalam sebuah percintaan dengan kekasih. Karena waktu adalah sesuatu hal yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Cara mengekspresikan cinta saya kepada kekasih ialah dengan cara kita menghabiskan waktu yang intens dengan kekasih. Menerapkan hubungan yang sehat juga dapat dikatakan dengan mengekspresikan rasa cinta. Yang dimaksud dengan hubungan sehat adalah bukan berati menjalani hubungan itu dapat memberi efek yang negatif kepada diri kita atau pasangan kita, tetapi harus lebih membawa kita ke arah yang positif.

5.      Cinta terhadap orang yang kita idolakan
Mencintai sang idola bisa dilakukan dengan menghargai hasil karyanya, menjadikan karyanya sebagai pedoman dan bukan untuk dijiplak. Melestarikan hasil karya atau sesuatu yang ditinggalkan seperti genre music. Dan juga menghargai dan mendukung setiap langkah yang dipilih oleh sang idola.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive