Sabtu, 01 April 2017

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Nama    : Lydia Jasmine Fauzia
Kelas    : 1TB03
NPM    : 24316154
Dosen    : Rizqi Intan Sari Nugraheni

MANUSIA DAN CINTA KASIH



    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Cinta memiliki 3 unsur yaitu:
1.Intimacy (keintiman)
Kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara dua orang     sudah tidak ada jarak lagi
2.Passion (kemesraan)
Berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal     yang menggambarkan keadaan sangat erat yang dilandasi oleh rasa cinta kasih.
3. Commitment (keterikatan)
Adanya perasaan untuk hanya bersama dengan orang tersayang, segala prioritas dan waktu hanya tercurahkan untuknya.

Cinta Menurut Ajaran Agama
Menurut ajaran agama, cinta dapat dikategorikan sebagai berikut.
•    Cinta Diri
•    Cinta kepada sesama manusia
•    Cinta seksual
•    Cinta kebapakan
•    Cinta kepada Allah
•    Cinta kepada Rasul

Kasih Sayang

    Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yaitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih     sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,  sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga. Pengertian kasih     sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yaitu     perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah     tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,  sehingga     keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.

Macam-macam Cinta
Menurut Erich Fromm (1983 : 54) dalam bukunya Seni Mencintai     mengemukakan tentang adanya berbagai macam-cinta yang dapat di uraikan sebagai berikut :
1.Cinta Diri Sendiri
    Secara alami manusia mencintai dirinya sendiri (self love) dan banyak orang yang menafsirkan cinta diri sendiri diidentikan dengan egoistis. Jika demikian cinta diri sendiri ini bernilai negatif. Namun apabila diartikan bahwa cinta diri sendiri adalah mengurus dirinya sendiri, sehingga kebutuhan jamsmani dan rohaninya     terpenuhi seimbang  ini bernilai positif. Dengan demikian cinta terhadap dirinya tidak     harus dihilangkan tetapi harus berimbang dengan cinta kepada orang lain untuk     berbuat baik.
2.Cinta Sesama Manusia / Persaudaraan
    Cinta kepada sesama manusia atau persaudaraan (agape. Bahasa Yunani) itu merupakan watak manusia itu sendiri dan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatannya kepada sesama manusia. Perbuatan dan perlakuan yang baik kepada sesama manusia bukan berarti karena seseorang itu membela, menyetujui, mendukung dan berguna, bagi dirinya, melainkan dating dari hati nuraninya yang ikhlas disertai     tujuan yang mulia. Motivasi perbuatan dan perlakuan seseorang mencintai sesama manusia itu disebabkan karena pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendirian (manusia sebagai makhluk social) dan sudah merupakan suatu kewajiban.
3.Cinta Keibuan
    Kasih sayang itu bersumber dari cinta keibuan, yang paling asli dan yang terdapat pada diri seorang ibu terhadap anaknya sendiri. Ibu dan anak terjalin suatu ikatan fisiologi. Seorang ibu akan memelihara anaknya dengan hati-hati penuh dengan kasih sayang dan naluri alami seorang ibu. Sedangkan menurut para ahli ilmu jiwa berpendapat bahwa dorongan kebapakan bukan karena fisologis, melainkan dorongan     psikis.
4.Cinta terhadap Allah
    Merupakan puncak cinta manusia, yang paling jernih, spiritual dan yang dapat memberikan tingkat perasaan kasih sayang yang luhur, khususnya perasaan simpatik dan sosial. Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinyta menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupan dan     menundukkan semua bentuk cinta yang lain


https://spajie.blogspot.co.id/2015/05/tugasiii-ilmubudaya-dasar-manusia-dan.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive