Sabtu, 01 April 2017

CINTA DAN KASIH


Nama : Erika Budi H.
NPM : 22316362
Kelas : 1TB03

Cinta Kasih Terhadap Keluarga, Sahabat, dan Idola

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang perlu cinta dan kasih sayang dalam menjalani kehidupannya. Hidup tanpa cinta sama saja hidup dengan rasa dahaga. Tidak ada yang memberikan kita suatu yang bermakna bagi hidup kita. Cinta memiliki makna yang luas dalam kehidupan sesama.  Rasa saling mencintai sesama manusia merupakan hal luar biasa yang diberikan tuhan kepada kita. Kehidupan mansia yang hanya sementara akan lebih indah bila didalamnya terdapat rasa cinta kasih sayang, manusia yang hidup dengan dilandasi rasa cinta akan lebih bahagia dibanding seseorang yang hidupnya tanpa rasa cinta.
        Ada beberapa pendapat mengenai pengertian cinta kasih. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hampir sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Dr. Sarlito W. Sarwono mengemukakan bahwa cinta itu memiliki tiga unsur, yaitu ketertarikan, keintiman, dan kemesraan. Keterikatan adalah perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas hanya untuk dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara Anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi sehingga panggilan-panggilan formal seperti Bapak, Ibu, Saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan seperti sayang. Sedangkan kemesraan adalah adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen jika jauh dan lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang. Ketiga unsur cinta tersebut sama kuatnya, jika salah satu unsur cinta itu tidak ada maka cinta itu tidak sempurna atau dapat disebut bukan cinta.
Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan kasih sayang yang dibarengi unsur terikatan, keintiman dan kemesraan (Cinta Ideal / Segitiga Cinta) di sertai dengan belas kasihan, pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab yang diartikan akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan dan kebahagiaan.

Cinta Kasih Terhadap Keluarga
            Dalam sebuah keluarga pasti ada cinta, sebuah keluarga pasti terbentuk atas dasar saling mencintai antara dua orang dengan kasih sayang. Sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak – anaknya.
Cinta kasih yang saya alami dalam keluarga tidak pernah terlepas dari keterkaitan satu sama lain. Ayah sebagai sang pencari nafkah, ibu mengurus rumah tangga, dan saya tugasnya yaitu membahagiakan mereka. Dan juga dengan saudara saling melindungi dan menyayangi satu sama lain.

Cinta Kasih Terhadap Sahabat
Sahabat adalah seseorang dimana orang itu dapat mengerti kita dan juga dapat merasakan apa yang kita rasakan baik dalam kegembiraan ataupun dalam kesedihan. Persahabatan bisa membuat kita bahagia, bisa mengerti apa yang kita rasakan, bisa memahami kita dan bisa menghibur kita dikala kita sedih oleh masalah-masalah dan dikala kita senang oleh kebahagiaan yang tidak ternilai. Dalam persahabatan, kita harus saling mempercayai, saling menghargai, saling menghormati, dan saling membantu karena kunci persahabatan adalah kejujuran, keterbukaan, dan saling mengerti. Sedangkan, cinta sahabat adalah rasa sayang yang diberikan kepada sahabatnya dengan banyak cara seperti nasihat, pujian, sanjungan, dan masih banyak yang lainnya yang bisa membuat hati kita selalu senang. Kasih sayang seorang sahabat adalah buah dari cinta seorang sahabat yang mendapatkan imbalan, keheningan hati dan pikiran.

Cinta Kasih Terhadap Idola atau Inspirator
Cinta terhadap idola berarti kita telah menganggap bahwa yang kita anggap sebagai idola adalah orang yang memiliki nilai lebih, baik itu dari sikap, fisik, prestasi, dan lain sebagaiya. Orang yang menjadi idola saya sekaligus menjad inspirasi bagi saya ialah Nabi Muhammad saw atau Rasulullah, Ia merupakan orang yang tepat dijadikan inspirator karena sikap dan perbuatannya yang baik. Mencintai idola yaitu dengan mengikuti sikap dan perilaku idola tersebut sedangkan mengasihi idola bisa dengan mendoakannya yang baik-baik.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive