Sabtu, 01 April 2017

Manusia dan Cinta Kasih


    

      Pada hakikatnya manusia diciptakan oleh Tuhan memiliki perasaan, terutama perasaan cinta. Dengana kelahiran manusia maka lahir pula cinta, setiap orang terlahir untuk mencintai dan dicintai. Cinta bukan hanya perasaan dengan orang tertentu. Cinta adalah sikap, sesuatu orientasi watak yang menentukan hubungan pribadi dengan dunia keseluruhan, bukan menuju sesuatu objek cinta. Jika seseorang pribadi hanya mencintai satu pribadi lain dan acuh tak acuh terhadap sesamanya yang lain, cintanya bukanlah cinta, tetapi ikatan simbolik atau egoisme yang diperluas. Cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu asa untuk ingin menyayangi dan memiliki.Sedangkan kasih adalah perasaan cinta yang mendalam.


      Cinta menurut KBBI adalah sayang sekali dan sayang benar. Cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu rasa untuk ingin menyayangi dan memiliki.Sedangkan Kasih adalah perasaan cinta yang mendalam.
      Cinta bagi setiap orang di definisikan dengan bentuk yang berbeda, seperti yang didefinisikan Musfir bin Said az-Zahrani dimana cinta adalah satu emosi terpenting dalam kehidupan manusia. Faktor terpenting dalam menyatukan hati-hati manusia dan pembentukan kasih sayang di antara sesama mereka. Sedangkan cinta kasih asdalah suatu ungkapan perasaan yang didukung oleh unsur karsa, yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab. Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan. Belas kasihan dan pengabdian. Cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kedamaian antara sesama manusia, antara manusia dengan lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhan.
      Apabila dirumuskan secara sederhana, cinta ksih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab artinya akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan. Ada beberapa macam cinta kasih yaitu:


  1. Cinta kasih antar orang tua dan anak.
          Cinta kasih yang paling tulus adalah cinta kasih orang tua kita, karena adanya cinta orang tua sehingga tidak mau melihat anaknya sedih, karena cinta orang tua sehingga tidak mau melihat anaknya sakit, dan karena cinta orang tua pula sehingga tak mau melihat anaknya menderita. Adakah orang yang mencintai kita seperti cinta yang timbul dari orang tua kita? sebuah pertnyaan yang singkat tapi memerlukan jawaban luas.
  2. Cinta kasih dalam pacaran.
          Manusia terlahir secara berpasang-pasangan, mencintai lawan jenis adalah sesuatu yang biasa namun sangat luar biasa bila telah dirasakan  Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan seuntai mawar merah, karena adanya cinta seorang leleki ataupun perempuan melakukan sesuatu yg seharusnya tidak bisa ia lakukan
  3. Cinta kasih antara sahabat
          Sahabat merupakan orang yang lebih dari teman, seseorang yang seperti saudara. Banyak orang yang mengatakan sahabat selalu ada saat kita susah senang, sahabat selalu memberikan motivasi saat kesulitan, sahabat akan selalu memberikan yang terbaik untuk sahabatnya. Memang benar semua itu adalah karakter dari sebuah persahabatan seperti ynag terjadi ketika saya sedang kesulitan tanpa di minta dia datang untuk membantu. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive