Sabtu, 01 April 2017

CINTA KASIH

Cinta dan kasih merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan manusia. Apabila muncul pertanyaan “Adakah orang yang dicintai dan dikasihi?” tentu semua akan mengiyakan dengan serentak. Namun apakah “mereka” benar-benar paham apa arti cinta kasih yang sebenarnya?
Cinta kasih terdiri dari dua kata tunggal yaitu cinta dan kasih. Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Kasih adalah perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh rasa belas kasihan.
dhresource.com
Bentuk cinta yang dirasakan kepada yang satu dan lainnya tentulah berbeda, hal ini dikarenakan adanya komponen dalam cinta menurut Robert Sternberg. Ketiga komponen tersebut yaitu:
a) Keintiman, perasaan yang meliputi keterarikan, kedekatan, keterhubungan, dll.
b) Kemesraan, yang meliputi cinta yang romantis dan daya tarik seksual.
c) Komitmen, yakni keputusan untuk tetap bersama dalam jangka waktu yang panjang.
Dalam kehidupan pribadi saya juga tentu ada kehadiran orang-orang yang dicintai di sekitar saya. Salah satunya yaitu keluarga¾papa, mama, dan kedua adik¾yang merupakan orang-orang terdekat yang pasti selalu bertemu setiap harinya. Tentunya hal itu membuat mereka menjadi orang yang teramat penting dalam kehidupan saya. Rasa cinta yang saya rasakan tentu dilandaskan oleh komponen komitmen dan keintiman, keinginan untuk dapat selalu hidup bersama. Secara garis besar, rasa cinta kepada orang tua yang saya rasakan mungkin dapat dikatakan seperti perasaan cinta anak kepada orang tua kebanyakan, yaitu bentuk rasa cinta kasih yang aktif – aktif yang mana saya dan kedua orang tua saya dan begitu pula dengan adik-adik saya.
Orang tua saya merupakan orang-orang penting di sekitar saya. Mereka tidak hanya bertanggung jawab, namun juga penuh cinta kasih yang mungkin agak sedikit berbeda. Cinta kasih orang tua berada pada prestasi anaknya. Orang tua saya akan merasa sangat senang dan bangga dengan segala pencapaian saya. Namun mestikun tanpa apapun, mereka selalu menyambut saya di rumah dengan senyuman.
Kalau rasa cinta kepada orang tua merupakan bakti yang tulus, maka kepada adik merupakan rasa cinta tak terbatas. Meski sering beradu pendapat dan hal sejenisnya, namun adik saya merupakan sosok yang sangat amat penting dalam hidup saya. Adik sering membantu di kala kesusahan, sekedar membantu satu atau dua namun mereka mengerjakannya tanpa pamrih untuk kakaknya. Cinta yang saya rasakan untuknya untungnya dalam bentuk aktif – aktif.
Selain keluarga, saya memiliki teman-teman yang baik dan perhatian di sekeliling saya untungnya. Dari sekian teman baik, tentulah akan ada satu yang menjadi best of the best, yaitu sahabat. Orang asing yang terlahir di keluarga yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan saya maupun keluarga saya, datang ke dalam hidup saya sekitar tiga tahun lalu. Orang asing itu ialah seorang gadis remaja sebaya yang menjadi teman sekelas saya secara tidak sengaja pada kelas 1 SMA. Belum pernah sebelumnya terpikir bahwa anak itu akan menjadi bagian penting dalam hidup saya. Berawal dari hobi yang sama kami saling berbagi tawa, hingga beberapa waktu berlalu kami mulai berbagi duka dalam hubungan aktif – aktif yang sehat. Rasa cinta yang saya rasakan terhadapnya tentunya berlandaskan dari rasa keintiman dan komitmen, untuk selalu terus terhubung dan selalu bersama. Karena tanpanya, saya belum tentu bisa bertahan hingga saat ini. Dapat dikatakan bahwa ia adalah saudara dengan latar belakang yang sangat berbeda, namun rasa cinta kepada sahabat saya itu tidak kalah besarnya dengan rasa cinta kepada keluarga saya.
Idola merupakan sosok penting dalam hidup seseorang. Idola terkadang berpengaruh pada inspirasi setiap orang. Dari sekian banyak idola yang ada, saya ingin menceritakan tentang idola saya kepada seorang aktor asal Inggris yang sudah melakukan acting semenjak umur 11 tahun. Pada awalnya dia hanyalah mengikuti casting secara cuma-cuma dan berkat bakat dan kerja kerasnya, ia lolos dan mendapat banyak tawaran setelahnya. Sosok panutan itu tak lain dan tak bukan ialah Thomas Brodie Sangster atau yang lebih akrab dikenal dengan Thomas Sangster. Sangster merupakan anak dari kedua orang tua yang sama-sama berkutat di dunia industri hiburan. Meski begitu, tak pernah satupun ia masuk sekolah khusus acting atau semacamnya, semuanya dia pelajari sendiri dengan semangat dan kerja keras.
Rasa cinta yang saya rasakan terhadapnya tentu lah sangat besar dan merupakan rasa cinta yang berawal dari kekaguman akan sosoknya yang dapat mengatasi semuanya seakan semua yang dilakukannya merupakan hal yang sangat mudah. Rasa cinta yang saya rasakan dapat merupakan cinta Agape atau cinta tanpa rasa pamrih. Saya mencintainya tulus karena ia merupakan sosok berkilau di mata saya meskipun tentu banyak kekurangan namun justru itu yang membuatnya special. Dari semua kerja kerasnya, ia menjadi semakin sering bermain film layar lebar dan mendapat nominasi dari berbagai macam acara penghargaan. Namun jangan salah, semua penghargaan itu didapat dari keringatnya sendiri tanpa campur tangan orang tuanya. Meskipun ia adalah sosok yang sangat bersinar dan sudah menjadi aktor internasional, namun ia tak pernah melupakan untuk meluangkan waktu untuk keluarganya. Untuk dapat meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarganya, ibu, dirinya, dan adik perempuannya memiliki sebuah band yang juga sering tampil mengisi café-café atau sebagainya. Itulah yang membuat saya semakin kagum, dia merupakan pekerja keras yang tak pernah melupakan asalnya. Rasa cinta yang saya rasakan terhadapnya tentulah masuk ke dalam kategori aktif – pasif karena dia tidak mengenal saya dan melakukan berbagai pekerjaan untuk penggemarnya yang ada banyak jumlahnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive