Sabtu, 01 April 2017

Manusia dan Cinta Kasih

TUGAS 3 ILMU BUDAYA DASAR
DYAH ALIA FAHRANA FILDZAHANI
1TB03
22316228
MANUSIA DAN CINTA KASIH





Manusia sebagai makhluk hidup yang mempunyai hati nurani dan batin bisa merasakan cinta dan kasih sayang. Cinta merupakan pengalaman yang sangat menarik yang pernah kita alami dalam hidup ini. Sangat disesali, orang pada umumnya masih bingung akan apakah cinta itu sesungguhnya. Kebingungan mereka semakin bertambah ketika dunia perfileman memperkenalkan arti cinta yang salah dimana penekanan akan cinta selalu dititik beratkan pada perasaan dan cerita romantika.
Dari jaman dulu sampai sekarang hakikat cinta kasih masih menjadi perbincangan yang tidak dibatasi secara jelas dengan makna yang luas pula. Walaupun, sulit juga untuk diungkapkan dan diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia yang cukup fundamental. Begitu fundamentalnya sampai-sampai membawa Khalil Gibran, seorang punjagga terkenal, berpendapat bahwa “Cinta hanyalah sebuah kemisterian”. Cinta sangat erat dalam kehidupan dan tidak bias di pisahkan dalam kehidupan. Tidak pernah selintas pun orang berpikir bahwa cinta itu tidak penting. Mereka haus akan cinta, mereka butuh akan cinta.
Cinta datang dengan bentuk yang berbeda-beda, entah itu cinta kepada keluarganya bahkan kepada lawan jenis. Walaupun cinta dan kasih mengandung arti yang hampir sama, antara keduanya terdapat perbedaan. Cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang kepada orang tertentu, ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.
Cinta memiliki tiga unsur, yaitu :
1.      Keintiman (Intimacy)
2.      Kemesraan (Passion)
3.      Ketertarikan  (Commitment)

Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara Anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi sehingga panggilan-panggilan formal seperti Bapak, Ibu, Saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan seperti sayang. Kemesraan adalah adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen jika jauh dan lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang. Sedangkan keterikatan adalah perasaan untuk hanya bersamanya, segala prioritas hanya untuknya. Ketiga unsur cinta tersebut sama kuatnya, jika salah satu unsur cinta itu tidak ada maka cinta itu tidak sempurna atau dapat disebut bukan cinta.
Menurut ajaran agama cinta ada banyak macam jenisnya, diantaranya:
1.      Cinta kepada diri sendiri
2.       Cinta kepada sesama manusia atau saudara
3.       Cinta seksual
4.       Cinta kebapakan dan keibuan
5.       Cinta kepada Allah
6.       Cinta kepada Rasul



Cinta dan kasih memiliki beberapa tingkatan. Setelah cinta terhadap sang pencipta yaitu Allah SWT beserta pengikutnya, ada cinta terhadap keluarga. Kasih sayang merupakan dasar dari komunikasi keluarga. Tanpa adanya komitmen dan komunikasi cinta dan kasih tidak akan terbentuk. Saya pribadi sangat mencintai keluarga saya terutama kepada kedua orangtua saya yang telah merawat dan membesarkan saya dari kecil hingga seperti sekarang ini. Dalam hubungan interaksi antara anak dan orangtua bisa di bagi menjadi hubungan aktif-pasif, pasif-aktif, pasif-pasif, dan aktif-aktif. Misalnya hubungan saya dengan sang ibu yang aktif-aktif yang berarti kami saling menyayangi dan mengasihi.

Lalu ada cinta terhadap sahabat. Sahabat bisa diartikan sebagai keluarga kedua karena kita selalu bersama dan saling membantu dalam keadaan suka maupun duka. Sahabat juga bisa menjadi tempat kita mencurahkan suatu hal dan meminta saran apabila menghadapi suatu masalah. Terakhir ada cinta terhadap idola atau seorang yang menginspirasi. Kita pasti mempunyai seorang idola, dia bisa menjadi idola kita karena pasti ada beberapa faktor dan beberapa alasan tertentu. Kita tidak bisa memungkiri bahwa kita punya seseorang yang dikagumi, di idolai bahkan sampai dicintai. Saya secara pribadi sangat terinspirasi dengan Zaha Hadid, seorang arsitek wanita yang berani yang menjadi tonggak eksistensi desain-desain futuristik dan menggabungkannya dengan teknologi yang membuat namanya akan terus dikenang di sepanjang masa di dunia arsitektur.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive