Sabtu, 01 April 2017

MANUSIA DAN CINTA KASIH



MANUSIA DAN CINTAKASIH

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. sedangkan
Rasa kasih sayang adalah Rasa yang timbul dalam diri hati yang tulus untuk mencintai, menyayangi, serta memberikan kebahagian kepada orang lain , atau siapapun yang dicintainya. Kasih sayang diungkapkan bukan hanya kepada kekasih tetapi kasih kepada Allah, Orang Tua, keluarga, Teman, serta makhluk Lain yang Hidup dibumi ini.

Cinta memiliki beberapa unsur
v  Intimacy (keintiman) adalah kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.makan sepiring berdua.
v  Passion (kemesraan) adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh atau lama tak bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya.
v  Commitment (keterikatan) adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk dia.

Ø Cinta Menurut Ajaran Agama

§  Cinta Diri : Cinta diri erat kaitanya dengan dorongan menjaga diri.
§  Cinta kepada sesama manusia : Manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainya,tidak boleh ia harus membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya.
§  Cinta seksual : Cinta erat kaitanya dengan dorongan seksual.
§  Cinta kebapakan : Mengingat bahwa antara ayah dengan anak-anaknya tidak terjalin oleh ikatan-ikatan fisiologis seperti yang menghubungkan si ibu dengan anak-anaknya.
§  Cinta kepada Allah : Puncak cinta manusia yang paling bening, jernih dan spritual ialah cintanya kepada allah dan kerinduanya kepada-Nya.
§  Cinta kepada Rasul : Cinta kepada rosul yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta,menduduki peringkat ke dua setelah cinta kepada Allah.

Kasih Sayang
Rasa kasih sayang adalah Rasa yang timbul dalam diri hati yang tulus untuk mencintai, menyayangi, serta memberikan kebahagian kepada orang lain , atau siapapun yang dicintainya. Kasih sayang diungkapkan bukan hanya kepada kekasih tetapi kasih kepada Allah, Orang Tua, keluarga, Teman, serta makhluk.
ü  Aktif – pasif : Orang tua= aktif . sedangkan anak=pasif. Maksudnya, orangtua yang aktif memperhatikan anak, sedangkan anak tidak melakukan hal yang sama kepada orang tua. Contoh : orang tua yang selalu memanjakan anaknya, minta apa saja di turuti, tetapi saat orang tua meminta tolong, anak tidak mau membantu dan memberi banyak alasan.
ü  Pasif – aktif : Orang tua=pasif, sedangkan anak=aktif. Maksudnya, orangtua nya yang jarang sekali memperhatikan anak, sedangkan anak selalu memperhatikan orang tua. Contoh : ke2 orang tua nya kerja dan jarang pulang. Jadi anak hanya bisa memperhatikan sesaat mereka pulang ke rumah.
ü  Pasif – pasif : Orang tua dan Anak sama sama pasif, maksudnya, hubungan antara anak dan orangtua tidak begitu dekat. Contoh : orangtua yang jarang pulang kerumah, dan anak yang sibuk main/kuliah diluar kota.
ü   Aktif – aktif : ini adalah hubungan yang sangat harmonis dalam keluarga, saat orangtua dan anak saling berhubungan, anak dan orangtua sama sama aktif memberikan perhatian atau kasih sayang.


CINTA KEPADA KELUARGA
Keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya (Bailon dan Maglaya,1978 ). Cinta saya terhadap keluarga adalah hal yang alami, dan terjadi begitu saja. Rasa cinta terhadap keluarga adalah hal yang wajar. Rasa sayang saya kepada mereka melebihi apapun, rasa sayang mereka kepada saya tak akan tergantikan oleh apapun, karna rasa sayang mereka tidak dapat di bandingkan oleh siapapun.
CINTA KEPADA SAHABAT
Sahabat adalah keluarga kedua setelah keluarga kandung, rasa sayang saya kepada sahabat saya berbeda dengan rasa sayang saya terhadap keluarga dan idola. karna ketika saya sedang dalam masalah mereka selalu ada, dan ketika semua orang menjauh, sahabat yang sesungguhnya adalah seseorang yang tidak pernah meninggalkan sahabatnya sendiri.
CINTA KEPADA IDOLA
Idola adalah seseorang yang mengagumkan, fantastis, dan sempura. Rasa sayang saya kepada idola, rasa sayang ini hanya sebatas mengagumi/mengidolakannya. Seperti seseorang yang menginspirasi, agar kita terpicu menjadi orang seperti yang kita idolakan. Biasanya rasa sayang kepada idola hanyalah rasa sayang sekedar mengagumi dan menjadi motivasi buat kita menjadi orang yang kita idolakan.


TIARA NUR INDAH
1TB 03

27316384
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive