Sabtu, 01 April 2017

CINTA, KASIH, SAYANG

KIKI SETIANINGSIH
23316913
1TB03
LMU BUDAYA DASAR 1
MANUSIA DAN CINTA KASIH

CINTA, KASIH, SAYANG

Apa itu cinta? Apa itu kasih?


1       Pengertian Cinta dan Kasih
Sebuah kata yang sangat fenomenal tidak hanya dari segi rasa, namun  mencakup segala aspek kehidupan. Banyak orang mengagung-agungkan cinta dan mungkin ada diantara teman-teman pembaca salah satunya. Bahkan ada yang rela mati karna cinta. Seperti kisah dramatis antara Romeo dan Juliet. Banyak yang mengatakan bahwa cinta tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata namun hanya bisa dirasakan. Tapi faktanya, banyak berteori tentang cinta dan juga mengapa banyak orang belajar bagaimana mengungkapkan cinta. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Cinta menurut KBBI  suka sekali; sayang benar: ; kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan):  ingin sekali; berharap sekali; rindu:  susah hati (khawatir).
Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hamper sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Kasih menurut KBBI perasaan sayang (cinta, suka kepada).
Walaupun cinta dan kasih mengandung arti yang hamper sama, antara keduanya terdapat perbedaan, yaitu cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam, sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah pada orang atau yang dicintai. Dengan kata lain, bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata. Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan kasih sayang yang dibarengi unsur terikatan, keintiman (Intimacy)  dan kemesraan (Cinta Ideal / Segitiga Cinta/ Passion) di sertai dengan belas kasihan, pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab yang diartikan akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan dan kebahagiaan dan keserasian(Commitment).

2         Cinta Menurut Ajaran Agama
§        Cinta Diri : cinta diri sendiri(aktualisasi diri/memperbaiki diri jadi yang lebih baik mencintai  segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya.cinta diri tanpa diimbangi cinta yang lain akan menghasilkan sikap yang egoisnya tinggi,stress

§        Cinta kepada sesama manusia : mencintai sesama manusia ( saling menghargai sesama manusia)

§          Cinta seksual : cinta yang tujuannya untuk menghasilkan generasi baru

§        Cinta kebapakan : Dorongan ini nampak jelas dalam cinta bapak kepada anak-anaknya , karena mereka sumber kesenangan,  kegembiraan baginya , kekuatan, kebanggan ,dan merupakan faktor penting bagi kelangsungan peran bapak dan kehidupan dan tetap terkenangnya setelah dia meninggal dunia(psikis)

§         Cinta kepada Allah : dilandasi cinta yang teramat sangat dan meniadakan Tuhan selain Allah dengan beraqidah yang kokoh dan bertaqwa atau menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan yang sudah di tentukan Nya

§   Cinta kepada Rasul : mencontoh suri teladan yang baik yang ada pada diri rasul.

3.      Pengertian Kasih Sayang
Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yaitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,  sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.

4        Cinta Kasih Dalam Keluarga.
       Kasih sayang orangtua terhadap anak :

Orang tua Aktif – Anaknya pasif
Orang tua  Pasif – Anaknya Pasif
Orang tua Aktif – Anaknya aktif
Saya bersyukur dapat dilahiran ditengah-tengah keluarga kecil yang harmonis ini, dimana kedua oaragtua saya selalu mensupport(mendukung)penuh apapun yang dilakukan anaknya selama itu membawa kebaikan padanya. Bahkan mereka menyanyangi dan mencintainya dengan sangat tulus hati, walau sejatinya anak itu sering membuat mereka kesal,marah,tetapi tetap di imbangi dengan nasihat-nasihat kasih sayang.

§             Cinta Kasih Saudara
Menyayangi dan mengasihi satu sama lain apalagi terhadap kakak-beradik itu juga diperlukan di dalam keharmonisan keluarga artinya kakak-beradik harus dapat saling menjaga,menjadi teman curhat mungkin, peran seorang kakak memberi  contoh yang baik terhadap adiknya begitu juga adiknya saling menghormati. Bersyukur tiada tara saya untarkan akrena memiliki 2 kakak perempuan yang memang kita sering bertengkar hanya masalah sepele walau seperti itu kasih dan sayang tetap ada, karena merasa saling memilik dan membutuhkan.

§              Cinta Kasih Seorang sahabat
“Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri”begitulah kata-kata mutiaranya yang menurut saya sahabat itu adalah lebih dari sekedar teman,  seseorang dimana orang itu dapat mengerti kita dan juga dapat merasakan apa yang kita rasakan baik dalam kegembiraan ataupun dalam kesedihan. Sahabatku jauh disana mengejar cita-citanya dengan sibuknya jadwal kuliah membuat kita jarang bertemu bahkan komunikasi sekalipun, tetapi ingatlah bahwa dia yang selalu menemani hari-hari indah bersamanya dulu.

§           Cinta Kasih terhadap idola/panutan/inspirator
Cinta terhadap idola/inspirator, Idola merupakan seseorang yang memiliki nilai lebih bagi penggemarnya, baik dari segi penampilan, prestasi dan lain sebagainya yang menjadi inspirasi atau semangat kita. Untuk itu saya mnegidolakan Maudy ayunda merupakan sosok yang dapat dijadikan sebagai seorang idola yang menginspirasi. Mangidolakannya karena usia yang tidak begitu jauh  berbeda memberikan semngat muda(mahasiswa) serta kecerdasan dan keterampilan yang memupuni untuk bisa mendapat beasiswa/belajar di sekolah luar negeri dan nilai yang memuaskan misalnya.







Sumber :




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive