Jumat, 07 Oktober 2016

kepadatan penduduk dan 8 bidang pranata sosial

 Nama : Husna Nur Shadrina
 Kelas : 1TB03
 NPM : 23316327


Menurut Thomas Robert Malthus pertambahan jumlah penduduk adalah seperti deret ukur, sedangkan pertambahan jumlah makanan adalah seperti deret angka. Pemerintah sudah mencoba untuk mengurangi angka kelahiran penduduk dengan cara program keluarga berencana dan menunda masa perkawinan tetapi pola pikir masyarakat yang senang dengan banyak keturunan membuat kedua program tadi menjadi gagal.
Cara lain untuk mengatasi pertambahan jumlah penduduk adalah dengan cara transmigrasi ke daerah-daerah yang tingkat kepadatan menduduknya masih rendah. Buatkan mereka lapangan pekerjaan baru agar laju pengangguran tidak meningkat. Beri mereka penyuluhan edukasi dan tingkatkan sarana dan prasarana edukasi di wilayah mereka dan wilayah yang jarang dan bahkan belum tersentuh pendidikan.

sumber : http://dodywijaya-dcc.blogspot.co.id/p/dampak.html


8 bidang pranata sosial :
1. Domestic istitution adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan. Contohnya : perkawinan, tolong-menolong, sopan santun antr kerabat, pengasuhan anak, dan lain sebagainya.
2. Economic institution adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mata pencaharian dan pekerjaan. Contohnya : pertanian, perikanan, koperasi, dan macam-macam perdagangan.
3. Educational institution adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Contohnya : TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, tempt kursus, lembaga pelatihan, dan lain sebagainya.
4. Scientific institution adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah dan pengetahuan. Contohnya : penelitian-penelitian ilmiah.
5. Asthetic and recreational institution adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi. Contohnya : seni.
6. Religius institution adalah pranat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang berhubungan dengan Tuhan mereka masing masing. Contohnya : beribadah dan berdoa.
7. Political institution adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok dan bernegara. Contohnya : pemerintahan, demokrasi, kehakiman keposisian, dan lain sebagainya.
8. Cosmetic institution adalah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jasmani manusia. Contohnya : pemeliharaan kecantikan, kesehatan, dan kedokteran.

sumber : http://dhanti1001.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-dan-fungsi-pranata-sosial.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive