Jumat, 07 Oktober 2016

Pranata Sosial dan Kepadatan Penduduk

Nama : Yola Safitri
Kelas : 1TB03
NPM : 27316791

1. Kepadatan Penduduk di Indonesia

Penduduk suatu negara adalah orang yang tinggal di negara tersebut atau yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dalam ilmu sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
Salah satu permasalahan penduduk di Indonesia adalah semakin meningkatnya jumlah populasi manusia hingga menuju titik di luar pengendalian pemerintah. Pengendalian penduduk adalah kegiatan membatasi pertumbuhan penduduk, umumnya dengan mengurangi jumlah kelahiran dengan program Keluarga Berencana. Namun hal itu rupanya tidak mampu untuk membendung kebiasaan serta pola pikir masyarakat untuk memiliki banyak keturunan, menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk.
Kepadatan penduduk dapat dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area di mana mereka tinggal. Beberapa pengamat masyarakat percaya bahwa konsep kapasitas muat juga berlaku pada penduduk bumi, yakni bahwa penduduk yang tak terkontrol dapat menyebabkan katastrofi Malthus (situasi dimana lingkungan sosial kembali pada tingkat subsistensi keberadaan sebagai hasil dari mengenakan terlalu banyak pajak pada sumber daya pertanian yang tersedia).
id.wikipedia.org
Jika diamati dari penyebabnya, banyak penduduk desa yang pindah ke kota disebabkan oleh lapangan pekerjaan yang luas serta pembangunan perumahan yang tak terkendali akibat kegiatan migrasi yang terus-menerus berlanjut. Pemerataan penduduk dan transmigrasi akan menjadi solusi yang bijak bila dilaksanakan dengan tepat. Penataan pembangunan di kota-kota besar secara berkala juga tentu dapat membantu mengurangi kepadatan penduduk di kota-kota besar. Pembangunan pabrik-pabrik lapangan kerja di kota-kota selain Pulau Jawa yang notabene sudah overpopulasi juga dapat membantu memotivasi masyarakat untuk pindah ke daerah lain dengan harapan dapat mendapat pekerjaan baru yang layak. Dengan begitu, akan terjadi pemerataan penduduk dan kepadatan penduduk dapat dikurangi secara perlahan.

Referensi:

2. Pranata Sosial

a. Domestic Institutions
Domestic Institutions atau yang dikenal juga dengan kinship adalah pranata yang berfungsi memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan. Contohnya ialah pernikahan, tolong menolong, dan pengasuhan anak.
www.onehallyu.com

b. Economic Institutions
Economic Institutions yakni pranata-pranata yang berfungsi untuk memenuhi keperluan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, menyimpan dan mendistribusikan hasil produksi dan harta. Contoh: pertanian, peternakan, koperasi, industri, barter, penggudangan, perbankan, dan sebagainya.
www.voa-islam.id

c. Scientific Institutions
Pranata ini merupakan pranata sosial yang berfungsi memenuhi keperluan ilmiah, menyelami alam semesta. Contoh dari pranata bidang ini adalah metodologi ilmiah, penelitian, dan sebagainya.
www.beritadaerah.com

d. Educational Institutions
Educational Institutions adalah pranata sosial yang berfungsi memenuhi keperluan penerangan dan pendidikan manusia agar menjadi anggota masyarakat yang berguna. Contoh: Sekolah.
www.gumelarricky44.blogspot.com

e. Aesthethic and Recreational Instituions
Pranata ini adalah pranata-pranata sosial yang berfungsi memenuhi kebutuhan rasa keindahan dan rekreasi. Contohnya seni rupa, seni suara, seni gerak, kesusasteraan, olah raga dan sebagainya.
www.isigood.com

f. Religius Institutions
Religius Institutions yakni pranata sosial yang berfungsi memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan dan alam gaib. Contoh: doa, kenduri, upacara ritual, semedi, bertapa, dakwah, pantangan, ilmu gaib, dan sebagainya.
www.baiturahmannews.blogspot.com


g. Political Institutions
Political Institutions berfungsi memenuhi keperluan manusia untuk mengatur dan mengelola keseimbangan kekuasaan dalam kehidupan masyarakat di suatu wilayah tertentu. Contoh: pemerintahan, demokrasi, kehakiman, kepartaian, kepolisian, ketentaraan dan sebagainya.
www.sistempemerintahannegaraindonesia.blogspot,co.id


h. Cosmetic Institutions
Pranata ini berfungsi untuk mengurus kebutuhan jasmaniah manusia. Contohnya adalah pemeliharaan kecantikan, kesehatan, dan sebagainya.
www.lifestyle.okezone.com


Sumber:
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive