Rabu, 05 Oktober 2016

Penambahan Pembangunan Dermaga di Pelabuhan Merak dan Bakauheni

Penambahan Pembangunan Dermaga di Pelabuhan Merak dan Bakauheni

Transportasi merupakan sarana/alat perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan baik digerakan oleh manusia ataupun mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sehingga setiap harinya banyak masyarakat  yang menggunakan transportasi tersebut. Transportasi yang ada di Indonesia meliputi transportasi darat (mobil, motor dan kereta), transportasi laut (kapal) dan transportasi udara (pesawat).

Karena banyaknya masyarakat yang menggunakan transportasi umum mengakibatkan banyaknya permasalahan yang muncul berupa kemacetan dan ketidak nyamanan dalam menggunakan transportasi tersebut. Sebagai contoh di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, dalam 1 hari saja masyarakat pengguna pelabuhan bisa mencapai ribuan kendaraan masuk ke Pelabuhan Merak. Sehingga kemacetan dan antrian masuk ke kapal pun terjadi dan kenyamanan dalam menggunakan fasilitas transportasi tersebut terganggu dengan kemacetan tersebut. Apalagi ketika memasuki mudik lebaran setiap tahun dapat mencapai puluhan ribu kendaraan dalam setiap harinya. Contohnya, pada mudik lebaran 2016 kemarin menurut data dari PT. ASDP Merak jumlah kendaraan pada H-5 mencapai 27.895 unit, terdiri atas sepeda motor sebanyak 15.303 unit, mobil pribadi 11.638, bus 535 unit, dan truk 689 unit.


            Permasalahan kemacetan tersebut bisa di kurangi dengan adanya penambahan dermaga. Perlu kita ketahui dermaga yang ada di Pelabuhan Merak hanya ada 5 dan di Pelabuhan Bakauheni ada 7 dermaga, dari 7 dermaga tersebut hanya 6 yang bisa di operasikan. Untuk jumlah kapal ferry yang melayani penyeberangan Bakauheni-Merak saat ini sudah mencapai 61 unit. Hal itu tidak sebanding dengan jumlah dermaga yang ada. Akibatnya, antrian kapal untuk beroperasi kian panjang. Dengan kondisi jumlah kapal saat ini, sudah tidak seimbang dengan jumlah dermaga yang ada. Maka dari itu setidaknya dibutuhkan 7 – 10 dermaga lagi guna mengurangi antrian kapal di pelabuhan. Semoga dengan adanya penambahan beberapa dermaga di Pelabuhan dapat mengurangi tingkat kemacetan antrian masuk kapal dan meningkatkan kenyaman dalam menggunakan jasa transportasi kapal di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni.


Sumber :
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive