Sabtu, 08 Oktober 2016

Kepadatan Penduduk dan Pranata Sosial

Kepadatan Penduduk

Hasil gambar untuk kepadatan penduduk

a. Pengertian Kepadatan Penduduk
Pengertian kepadatan penduduk menurut para ahli geografi adalah perbandingan antara jumlah penduduk yang tinggal di wilayah tertentu dengan luas wilayah yang mereka tempati. Sedangkan menurut saya kepadatan penduduk adalah sejumlah penduduk pada suatu wilayah tertentu.

b. Permasalahan Kepadatan Penduduk
Salah satu permasalahan kepadatan penduduk di Indonesia adalah meningkatnya populasi manusia menuju di luar pengendalian pemerintah. Salah satu program untuk mengatasi peningkatan populasi manusia di luar pengendalian pemerintah adalah KB (Keluarga Berencana) namun program tersebut dinilai kurang efektif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut karena pola pikir masyarakat yang masih beranggapan bahwa memiliki anak banyak berarti memiliki banyak rezeki, namun adapun penyelesaian-penyelesaian lain yang dapat pemerintah lakukan,seperti:

1. Meningkatkan Jumlah Lapangan Kerja
Masyarakat Indonesia terbesar berada di Pulau Jawa karena jumlah lapangan kerja yang banyak. Seharusnya pemerintah meningkatkan jumlah lapangan kerja di kota-kota kecil,dengan begitu masyarakat tidak mengandalkan kota-kota besar yang populasi manusianya selalu meningkat setiap tahun sehingga di luar penggendalian pemerintah untuk mencari nafkah. Seperti pembangunan kantor-kantor cabang, pembangunan rekreasi yang terawat dan tertata yang dikelola oleh pemerintah.

2. Perbaikan Infrastruktur
Alasan urbanisasi adalah kurang dan sulitnya infrastruktur-infrastruktur yang memadai. Seperti, sekolah, rumah sakit, jalanan, listrik. Perbaikan sekolah sangatlah penting bagi pengembangan pendidikan di kota-kota kecil, begitupun rumah sakit, contohnya Rumah Sakit Cipto sebagai Rumah Sakit nasional yang setiap harinya menerima ribuan pasien,nampaknya pemerintah hanya membangun rumah sakit- rumah sakit besar di kota besar saja. Perbaikan infrastruktur harus didukung desain-desain yang kreatif sehingga walaupun kota kecil tetapi terlihat seperti kota besar yang bangunannya megah dan unik. Jika pemerintah kurang perhatian terhadap kota-kota kecil, maka akan terjadi urbanisasi yang meningkat setiap tahunnya.


8 Bidang Pranata Sosial

1. Domestic Institutions: Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan. Contohnya perkawinan, pinangan, tolong-menolong antarkerabat, pengasuhan anak, sopan santun antarkerabat, sistem istilah kekerabatan, poligami, perceraian, dan sebagainya.

2. Economic Institutions: Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusikan harta benda. Contohnya pertanian, perikanan, koperasi, dan macam-macam perdagangan.

3. Educational institutions: Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia. Contohnya pendidikan masyarakat, TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, tempat-tempat kursus, dan tempat-tempat pelatihan lainnya.

4. Scientific institutions: Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia. Contohnya berbagai macam metode ilmiah dan pendidikan ilmiah lainnya.

5. Aesthetic and recreational institutions: Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi. Contoh: seni suara, seni rupa, seni gerak, seni lukis, dan seni sastra.

6. Religius institutions: Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan. Contohnya doa.

7. Political institutions: Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara. Contohnya pemerintahan, demokrasi, kehakiman, kepolisian, dan sebagainya.

8. Cosmetical institutions: Pranata-pranata yang mengurus kebutuhan jasmani manusia.Contohnya pemeliharaan kecantikan, kesehatan, dan kedokteran


Sumber:
http://www.pakmono.com/2015/07/pengertian-kepadatan-penduduk-menurut-pada-ahli-wikipedia.html
http://www.gurupendidikan.net/2016/08/pengertian-pranata-sosial-serta-tujuan-dan-fungsi-pranata-sosial.html
https://yanuaresny.wordpress.com/kelas-ix-2/perkembangan-penduduk/isi-materi/dampak-kepadatan-penduduk-terhadap-lingkungan/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive