Sabtu, 01 Oktober 2016

ISD2 : SEBAGAI ARSITEK MEMBERIKAN SOLUSI UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN JUMLAH PENDUDUK DAN 8 PRANATA SOSIAL BESERTA CONTOHNYA



1.    SOLUSI UNTUK PERMASALAHAN JUMLAH PENDUDUK DI INDONESIA YANG TERUS MENINGKAT

Untuk mengatasi permasalahan jumlah penduduk indonesia yang semakin lama semakin meningkat hal tersebut pemerintah harus melaksanakan berbagai usaha, antara lain sebagai berikut:

A.   Mensosialisasikan program keluarga berencana dari masyarakat desa sehingga masyarakat kota.
B.   Peningkatan produksi pertanian dengan pemberian bantuan bibit, obat-obat, serta pupuk.
C.  Menyebarluaskan pendidikan kependudukan ke berbagai jenjang pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam bidang kependudukan.
D.  Membuat sektor industri dan penyebaran sektor tenaga kerja ke luar daerah,jangan hanya berpusat di jakarta atau jabodetabek karena itu bisa memicu banyak masyarakat indonesia yang berdatangan ke ibu kota untuk mengadu nasib dan bisa berakibat penumpukan pekerja yang akhirnya yang tidak dapat mendapat pekerjaan hanya menjadi seorang pengangguran
E.  untuk mengatasi jumlah penduduk yang ada di DKI JAKARTA khususnya agar para masyarakat tidak tinggal di tempat yang tidak semestinya seharusnya pemerintah ibu kota harus membuat banyak rumah susun lebih banyak lagi agar mereka tidak tidak di tempat yang tidak seharusnya di tempat tinggali
F.  Pembangunan tata kota juga harus merata di semua daerah agar daerah tersebut dapat berkekembang dengan baik


seperti contoh:bantaran kali,pinggir danau,atau di lahan hijau milik pemerintah yang seharusnya tidak boleh di gunakan untuk mendirikan bangunan


SUMBER :

http://materipelajaranterbaruips.blogspot.com/2015/10/cara-upaya-mengatasi-masalah.html

    IMAGE : http://duniaiptek.com/cara-membuat-piramida-penduduk-pada-excel/


2.    Pengertian Pranata Sosial

Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat.

Pengertian Pranata Sosial menurut para ahli.
Horton dan Hunt (1987), suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting.


1.      Pranta yang bertujuan memenuhi kebutuhan sosial dan kekrabatan , yang disebut kinship atau domestic institutions. Contohnya perkawinan, tunangan, tolong menolong antarkekerabatan, poligami, perceraian, dan sebagainya.
2.      Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusikan harta benda atau economic institutions. Contohnya pertanian, perikanan, koperasi, dan macam-macam perdagangan.
3.      Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia atau educational institutions. Contohnya pendidikan masyarakat, tk, sd, smp, sma, perguruan tinggi, tempat-tempat kursus, dan tempat-tempat pelatihan lainya.
4.      Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia atau scientific institutions. Contohnya berbagai metode ilmiah dan pendidikan ilmiah lainya.
5.      Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahandan rekreasi atau aesthetic and recreational institutions. Contohnya seni suara, seni rupa, seni gerak, seni lukis, dan seni sastra.
6.      Pranata sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan tuhan atau religius institutions. Contohnya do’a.
7.      Pranata sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara atau politic institutional. Contohnya pemerintahan, demokrasi, kehakiman, kepolisian , dan sebagainya.
8.      Pranata yang mengurus kebutuhan jasmani manusia atau spmatic institutionals. Contohnya pemeliharaan kecantikan, kesehatan,, dan kedokteran.


SUMBER
http://dzakibelajar.blogspot.co.id/2015/01/pranata-sosial.html
http://ilmupengetahuansosialsmp.blogspot.co.id/2012/05/pranata-sosial.html

Share:
Lokasi: Cilangkap, Cipayung, East Jakarta City, Special Capital Region of Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive