Minggu, 23 Oktober 2016

MARAKNYA PENGGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR

      Indonesia terkenal dengan sentra pasar Narkotika terbesar di Asia, seperti yang di lansir dari suara.com, Kepala BNN Budi Waseso yang menyebutkan bahwa Indonesia sekarang termasuk salah satu pengasa pasar narkotika terbesar di dunia terutama di Asia. Selai itu tiap tahun, belanja Narkotika di Indonesia sedikitnya sampai Rp 72 triliun.
Kepala BNN, Budi Waseso juga menegaskan bahwa bandar narkoba selalu mencari cara untuk menghancurkan generasi penerus bangsa. Karna itu bangsa ini seharusnya menguatkan para penerus terutama pelajar untuk menjauhi ancaman dari penyalahgunaan Narkoba yang sudah di depan mata. Menurut ia pelajar dan mahasiswa adalah lapisan produktif yang menjadi target pasar narkoba. Para bandar ingin melakukan penghancuran masal melalui kalangan terpelajar seperti siswa dan mahasiswa.
      Banyak kasus-kasus penyalahgunaan Narkoba yang melibatkan para pelajar, Seperti yang terjadi tahun 2014 di Serang, Banten tepatnya di daerah Lebak,  Kepala Badan Narkotika Provinsi (BNP) Banten Komisaris Besar Polisi Heru Februanto, berkata bahwa kami menemukan siswi di salah satu sekolah di Lebak, dia itu sebagai pengedar sekaligus pengguna,"  di Serang, Banten, Jumat (20/6/2014).
Selain itu baru-baru ini ada kasus serupa, Seperti yang di lansir dari RADAR MADURA, PEMEKASAN- Bahwa julukuan pemekasan sebagagai Kota Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) ternodai. Pasalnya delapan pelajar dari daerah tersebut terlibat dalam kasus penyalahgunaan Narkoba. Hingga juli 2016, juga terdapat tiga mahasiswa yang di tetapkan sebagai tersangka.
      Data Polres Pamekasan itu menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada 2015 tidak ada siswa yang terjerumus ke lembah hitam barang haram ini. ”Kasus narkoba di kalangan siswa sangat mengkhawatirkan. Sebab siswa diharapkan menjadi pemimpin bangsa kelak,” kata Kapolres Pamekasan AKBP Nowo Hadi Nugroho di depan ribuan siswa di Arek Lancor, Kamis (21/7).
Karena itu, dia mewanti-wanti agar siswa tidak mencoba-coba mengonsumsi narkoba. Sekali mengonsumsi, dikhawatirkan ketagihan. Masyarakat juga harus mengingatkan bahaya narkoba kepada anaknya.
”Kita harus nyatakan perang terhadap narkoba. Pemberantasan narkoba di Kota Gerbang Salam harus sama-sama kita galakkan,” ajaknya.
Pihaknya berjanji akan terus mengintai setiap transaksi narkoba. Termasuk di wilayah pantai utara (pantura). ”Kita memang mendengar kabar di pantura banyak beredar narkoba. Makanya kita akan lakukan penyelidikan,” janjinya.
Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan Moch. Tarsun mengklaim telah intens menyosialisasikan bahaya narkoba kepada pelajar. Kegiatan itu bekerja sama dengan Satuan Tugas Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (Satgas P4GN) Pamekasan. ”Saya berharap peran serta masyarakat dan orang tua, aktiflah melakukan pencegahan,” harapnya.


 
PROPOSAL
PENYULUHAN REMAJA TENTANG BAHAYA NARKOBA DAN SOLUSI PENANGANANNYA



A.    Latar belakang
       Pemuda adalah generasi penerus bangsa, calon pemimpin masa depan, dan juga sebagai contributor bagi kemajuan suatu Negara. Karena kebebasan berekspresi kaum muda merupakan sesuatu yang penting dalam tonggak kehidupan berbangsa dan bernegara. Masa depan bangsa ini terletak pada pundak kaum muda yang cerdas, kreatif, dan bermutu. Oleh karena itu, setiap pengembangan dirinya harus didukung secara nyata supaya tidak terjerumus ke dalam gerowong aksi destuktif. Apabila kaum muda kita dibimbing dengan baik dan benar, mereka sebagai pemuda akan tetap berproses dalam poros kehidupan berbangsa dan bernegara yang makin baik.
Lalu bagaimana dengan pemuda di negeri ini? Bisakah pumudanya menjadi harapan untuk bangsa dan Negara? Ternyata saat ini, kebanyakan pemuda sangat jauh dari harapan, karena kehidupan pemuda saat ini masih mewarnai “kelamnya” bangsa ini. Misalnya saja yang sering kita lihat di televise, bagaimana kehidupan pemuda terutama kaum pelajar yang banyak terlibat dalam pergasulan bebas, akrab dengan narkoba, tawuran, bahkan pembunuhan dan pemerkosaan, sampai banyak aborsi akibat berhubungan tanpa ikatan.
       Kelamnya kehidupan pemuda kita saat ini terutama pelajar di pengaruhi oleh banyak factor. Narkoba adalah salah satu penyebabnya karna prgaulan banyak pelajar yang terjerumus untuk mengkomsumsi baran haram tersebut. Dalam perkembangannya kini di Indonesia telah menjadi tempat produksi narkoba. Bahkan menjadi pasar narkoba terbesar di Asia.
Berdasarkan kondisi tersebut maka upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba sangatlah mendesak untuk terus di gencarkan terutama di kalangan pelajar.

B.    Nama kegiatan
Adapun nama dari kegiatan ini yaitu “Pelajar Anti Narkoba Yang Berprestasi Dan Kreatif “.

C.    Tujuan kegiatan
  1. Memberikan pemahaman pelajar untuk hidup sehat Bebas Dari Narkoba
  2. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
  3. Memberikan pemahaman tentang bahaya dari penggunaan Narkoba.
  4. Mencegah para pelajar untuk menggunakan Narkoba
  5. Memberikan motifasi bagi pelajar agar berfikir dan bertindak positif dalam kehidupannya

D.    Peserta kegiatan
         Kegiatan ini aka di ikuti semua pelajar dari berbagai sekolah di LEBAK, SERANG BANTEN baik SWASTA maupun NEGERI untuk tinkat SMA atau sederajat, baik kelas X, XI, dan XII

E.    Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan:
        Hari        : Minggu, 30 OKTOBER 2016
        Waktu    : Pukul 08.30-13.00
        Tempat    : Aula kantor Bupati Lebak

F.    Narasuber:
  1. Kepala Badan Narkotika Provinsi (BNP) Banten Komisaris Besar Polisi Heru Februanto atau yang mewakili
  2. Dr. H. Zainuddin Hasan

G.    Kepanitiaan
1.    Penasehat               : Fajar Nur Cahyo  S.I.Kom
2.    Ketua pelaksana    : Asrul Sani
3.    Sekertaris              : Rusmana
4.    Bendahara             : Risna Rahmayani
5.    Seksi seksi
       •    Acara                        : -Faisal Tanjung
                                                -Yana Suryana
       •    Komsumsi                : - Melita
                                                - Harry syaputra
       •    Kemanan                  : - Billy
                                                - Rachmat

H.    Agenda seminar

No
WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
1
08.30-09.00
PENDAFTARAN
SEKSI ACARA
2
09.00-09.30
PEMBUKAAN
SEKSI ACARA


1.      Menyanyikan lagu Indonesia raya
2.      Laporan ketua panitia

3
09.30-10.30
Narasumber 1: Pengenalan tentang Narkoba dan pemuda dalam mewujudkan Indonesia sehat, bebas dari Narkoba
KOMBES POL. Heru Februanto
4
10.30-11.00
Sesi Tanya jawab
NARASUMBER 1
5
11.00-11.30
Istrahat+Komsumsi
SEKSI KOMSUMSI
6
11.30- 12.30
Narasumber 2: Dampak dari penyalahgunaan Narkoba
Dr. H. Zainuddin Hasan

7
12.30-13.00
Sesi Tanya jawab
NARASUMBER  2
8
13.00-13.15
Penutup
SEKSI ACARA


I.    Penutup
       Demikian proposal yang saya buat , semoga dengan di adakannya kegiatan ini akan menjadi sebuah inspirasi semua pihak dan menjadi bagian dalam menyelamatkan kondisi para pemuda di negeri ini terutama para pelajar. Semoga kegiatan ini menjadi amal ibadah yang bernilai kebaikan  di hadapan Allah SWT dan mendapat pahala yang besar di sisi-Nya. Dengan hanya mengharapkan Ridho Allah SWT semata, semoga agenda ini terlaksana dengan baik & sukses.



SUMER:
http://www.suara.com/news/2016/08/19/140841/belanja-narkoba-di-indonesia-rp72-triliun-setahun
http://www.bnn.go.id/read/berita/17098/generasi-penerus-bangsa-harus-kebal-dari-ancaman-narkoba
http://radarmadura.jawapos.com/read/2016/07/22/2252/delapan-pelajar-terjerumus-kasus-narkoba
http://news.liputan6.com/read/2066029/siswa-sekolah-jadi-pengedar-dan-pengguna-narkoba-di-banten
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive