Sabtu, 08 Oktober 2016

KEPADATAN PENDUDUK & PRANATA SOSIAL

Gambar terkait

Kepadatan Penduduk
Pengertian 
“Menurut para ahli geografi kepadatan penduduk adalah perbandingan antara jumlah penduduk yang tinggal di wilayah tertentu dengan luas wilayah yang mereka tempati.

Faktor – faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk

1. Faktor iklim seperti cuaca yang nyaman dan tanah yang landai untuk ditinggali menyebabkan penduduk semakin banyak. Contohnya orang yang tinggal di dataran rendah jumlahnya lebih banyak daripada orang yang tinggal di daerah lereng atau pegunungan.

2. Faktor ekonomi seperti tersedianya lapangan pekerjaan dan tersedianya sumber daya alam. Contohnya adalah di Jakarta kepadatan penduduknya sangat tinggi karena disana banyak tersedia lapangan pekerjaan.

3. Faktor sosial budaya seperti keterbukaan masyarakat dan tersedianya sarana pendidikan. Misalnya di kota Jogja banyak tersedia sekolah menengah dan perguruan tinggi favorit. Kepadatan penduduk di Jogjakarta juga tinggi karena banyak warga maunpun pendatang yang sekolah disana.

Upaya untuk menanggulangi kepadatan penduduk

1. Mengadakan program transmigrasi. Pada tahun 60an hingga 90an pemerintah masih membuka transmigrasi ke Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Upaya ini menerima tanggapan yang positif dari masyarakat khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang paling banyak program tersebut. Jika pemerintah tidak melakukan program demikian maka jumlah penduduk di Jawa semakin tidak terkendali.

2. Penyediaan lapangan pekerjaan. Pemerintah mendirikan pabrik atau usaha industri untuk memberikan lowongan pekerjaan di daerah tertentu sehingga di tempat tertentu yang banyak penduduknya bisa pindah ke tempat yang tersedia lapangan pekerjaan.

3. Mengadakan program KB (Keluarga Berencana). Program ini membatasi setiap keluarga memiliki 2 orang anak. Upaya ini cukup efektif karena satu keluarga di jaman dahulu rata-tara di atas 5 orang. Artinya banyak keluarga yang memiliki diatas 2 orang anak.
Demikianlah penjelasan pengertian kepadatan penduduk di Indonesia. Semoga pahan dan bermanfaat untuk Anda.





8 Pranata Sosial

Pengertian Pranata Sosial

 “Koentjaraningrat mengatakan bahwa pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.”

Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan, yaitu yang disebut kinship atau domestic institutions. Contohnya perkawinan, pinangan, tolong-menolong antarkerabat, pengasuhan anak, sopan santun antarkerabat, sistem istilah kekerabatan, poligami, perceraian, dan sebagainya.
Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusikan harta benda atau economic institutions. Contohnya pertanian, perikanan, koperasi, dan macam-macam perdagangan.
Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia atau educational institutions. Contohnya pendidikan masyarakat, TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, tempat-tempat kursus, dan tempat-tempat pelatihan lainnya.
Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia atau scientific institutions. Contohnya berbagai macam metode ilmiah dan pendidikan ilmiah lainnya.
Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi atau aesthetic and recreational institutions. Contoh: seni suara, seni rupa, seni gerak, seni lukis, dan seni sastra.
Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan atau religius institutions. Contohnya doa.
Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara atau political institutions. Contohnya pemerintahan, demokrasi, kehakiman, kepolisian, dan sebagainya.

Pranata-pranata yang mengurus kebutuhan jasmani manusia atau somatic institutions. Contohnya pemeliharaan kecantikan, kesehatan, dan kedokteran.




http://www.pakmono.com/2015/07/pengertian-kepadatan-penduduk-menurut-pada-ahli-wikipedia.html
http://www.gurupendidikan.net/2016/08/pengertian-pranata-sosial-serta-tujuan-dan-fungsi-pranata-sosial.html
priyamitramastaka1.blogspot.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive